Tips Belajar UI/UX Design Untuk Pemula

Ingin belajar UI/UX Design tapi bingung mulai dari mana? Yuk simak beberapa tips berikut untuk mulai belajar UI/UX Design.
Tips Mempelajari UI/UX Design

Profesi UI/UX designer saat ini semakin banyak yang membutuhkan, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya lowongan pekerjaan yang tersedia didalam bidang UI/UX designer. Nah, untuk teman-teman yang penasaran dan ingin menjadi seorang UI/UX designer, mari kita simak beberapa tips untuk belajar UI/UX design, khususnya untuk pemula.

1. Mempelajari Prinsip UI Design

Hal pertama kali untuk mulai mempelajari UI/UX ialah belajar mengenai UI design. Dengan mengenal UI design dan apa saja yang menjadi prinsip dari UI design, tentu nantinya akan mempermudah langkahmu untuk menuangkan ide kreatif yang ada di kepala menjadi sebuah desain user interface yang baik. Ada beberapa hal yang menjadi prinsip UI design itu sendiri, yang pertama ialah mempelajari dasar-dasar warna dan psikologi warna, selanjutnya mengenai keseimbangan, kontras, typografi dan konsisten.

2. Mengulik Tentang Proses UI/UX

Setelah mempelajari semua dasar-dasar dari UI/UX, selanjutnya kamu juga harus mempelajari apa saja proses yang ada pada pembuatan UI/UX. Biasanya proses tersebut dimulai dari discover kemudian dilakukan riset untuk menggali kebutuhan dan mengumpulkan sebuah ide. Setelah dilakukan riset, seorang desainer akan mendefinisikan ide yang telah didapat dari riset dan kemudian akan dilanjutkan pada tahap develop. Dalam proses develop, seorang desainer akan menyempurnakan ide-nya supaya produk yang dibuat akan menjadi maksimal.

3. Mencari Referensi

Untuk seorang pemula, tentu referensi menjadi salah satu aspek penting untuk mempelajari UI/UX. Referensi tersebut dapat ditemukan di berbagai media, seperti buku, internet, media sosial (instagram, twitter, dan lain sebagainya). Saat ini sudah banyak sekali konten kreator yang membuat video dan mengajarkan UI/UX design. Hal-hal tersebutlah yang dapat kamu gunakan sebagai referensi untuk mempelajari UI/UX design.

4. Mempelajari Tools UI/UX Designer

Sebagai seorang yang ingin mempelajari UI/UX, hal yang tak kalah pentingnya adalah mempelajari tools UI/UX design. Dengan mempelajari tools UI/UX tentu akan mempermudah kamu untuk menyalurkan ide kreatifmu dan membuat sebuah project. Saat ini sudah banyak sekali software/tools yang dapat kita gunakan, beberapa diantaranya ialah Figma, Adobe XD, Sketch dan lain-lain. 

5. Diskusi

Cara terakhir untuk belajar desain UI/UX adalah dengan berdiskusi. Selain mendapatkan banyak ilmu pengetahuan, kamu juga nantinya akan mendapatkan banyak teman dan itu menjadi sebuah keuntungan. Kamu akan dapat mempunyai banyak link/koneksi untuk belajar UI/UX Design.

Itulah beberapa tips belajar UI/UX Design dan saya harap tips tersebut bermanfaat bagi teman-teman semua. Apapun bidang ilmunya, selama kamu konsisten dalam mempelajarinya, suatu saat kamu pasti akan menguasai ilmu di bidang tersebut. Jika ada saran terkait topik pembahasan, silahkan tulis dikolom komentar. 

Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet