Contoh Soal HOTS Sejarah Beserta Kunci Jawaban + Pembahasan

Contoh soal HOTS materi sejarah disertai kunci jawaban dan pembahasan
Soal HOTS Sejarah beserta kunci jawaban dan pembahasan

Haloo, pada artikel kali ini aku ada beberapa soal HOTS sejarah dengan beberapa topik nihh, bagi teman-teman semua yang kepo soal HOTS itu seperti apa dan bagaimana, Yuk langsung kita lihat dan kerjakan contoh soal HOTS sejarah berikut ini. Kunci jawaban dan pembahasannya aku taruh dibagian bawah artikel ya.

Soal

Topik: Masa pendudukan Jepang di Indonesia.
Perhatikan peta pendudukan Jepang di Indonesia berikut ini
Peta wilayah militer jepang di indonesia

1. Pernyataan yang benar dari peta di atas adalah ...
A. Kekuasaan militer jepang di Sumatera, berpusat di kota Medan
B. Kekuasaan militer Jepang wilayah timur Indonesia dibawahi oleh tentara angkatan darat (Rikugun) 25
C. Kekuasaan militer jepang di Indonesia terdiri di Sumatera dan wilayah timur Indonesia
D. Kekuasaan militer Jepang di Sumatera di bawah oleh tentara angkatan laut (kaigun) divisi II
E. Kekuasaan militer Jepang di wilayah timur Indonesia dibawahi oleh tentara angkatan laut (kaigun) divisi II

Topik: Masa kolonial di Indonesia
Kedatangan bangsa Belanda ke Nusantara adalah untuk mencari rempah – rempah yang akan diperjualbelikan di wilayah Eropa. Tahun 1598 Jacob Van Neck berhasil membuka jalan bagi Belanda untuk mencari rempah-rempah di Nusantara. Karena terjadi persaingan antar para pedagang Belanda di Nusantara dibentuklah kongsi dagang dengan nama VOC dengan Pieter Both sebagai Gubernur Jendral VOC yang pertama. Dalam menjalankan kekuasaanya di Nusantara VOC berhasil memonopoli perdagangan rempah rempah di Makassar. 

2. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa VOC menggunakan hak istimewanya di Nusantara yaitu… 
A. Mendirikan benteng pertahanan 
B. Memiliki pasukan militer 
C. Mengeluarkan uang 
D. Menyatakan perang 
E. Memonopoli perdagangan 

Topik: Prinsip dasar ilmu sejarah
3. Seorang tokoh kebangsaan Yunani bernama Herodotus dijuluki sebagai Father of History dengan hasil karyanya bernama the histories. Karya tersebut dianggap sebagai karya “sejarah” pertama, karena... 

A. Didukung oleh pemerintahan saat itu 
B. Menggunakan literatur-literatur terkait 
C. Merupakan buku pertama yang bercerita mengenai sejarah 
D. Dilakukan dengan serangkaian penyelidikan dan kesaksian 
E. Ditulis menggunakan kalimat ilmiah 

Topik: Masa pergerakan nasional
Indische Partij berdiri di Bandung pada 25 Desember 1912, didirikan oleh tiga serangkai. IP juga mendirikan surat kabar, dalam salah satu terbitannya Suwardi menuliskan artikel berjudul Al Ik Een Nederlander Was (Andai aku orang Belanda) yang berisi mengenai kritiknya terhadap perayaan 100 tahun kemerdekaan Belanda dari Perancis yang menggunakan uang dari pribumi Indonesia. Akibat tulisan tersebut IP menjadi partai terlarang dan para pendirinya diasingkan ke Belanda. 

4. Dari kutipan tersebut kita mengetahui bahwa… 
A. Surat kabar De Expres sebagai salah satu alat untuk melakukan pergerakan nasional 
B. IP sebagai partai milik pemerintah Belanda 
C. Belanda merayakan ulang tahun dengan uang pribumi 
D. IP sebagai partai yang didukung oleh pemerintah 
E. Tiga serangkai belajar di Belanda 

Topik: Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia
Perhatikan pernyataan berikut ini: 
  1. Ikut dalam perundingan Roem Royen 
  2. Menjabat sebagai Menteri Pertahanan 
  3. Koordinator Keamanan dalam Negeri 
5. Tokoh yang sesuai dengan keterangan diatas adalah… 
A. Sri Sultan Hamengkubuwono IX 
B. Ir. Djuanda 
C. Moh Roem 
D. Ali Sostroamidjojo 
E. Dr. Leimena 

Jawaban & Pembahasan

1. Jawaban: E. Kekuasaan militer Jepang di wilayah timur Indonesia dibawahi oleh tentara angkatan laut (kaigun) divisi II

Pembahasan: 
Salah satu usaha Jepang di Indonesia untuk mempertahankan wilayah kekuasaanya adalah dengan membentuk pusat militer yang terbagi dalam 3 wilayah: 
1. Pemerintahan wilayah Sumatera berpusat di Bukittinggi dibawahi oleh tentara angkatan darat (Rikugun) divisi 25 (tomi shudan) 
2. Pemerintahan wilayah Jawa berpusat di Jakarta dibawahi oleh tentara angkatan darat (Rikugun) divisi 16 (osami shudan) 
3. Pemerintahan wilayah timur berpusat di Makassar dibawahi oleh tentara angkatan laut (kaigun) divisi II (dai ni nankenkantai)

2. Jawaban : E. Memonopoli perdagangan 

Pembahasan: 
Tahun 1598 Jacob Van Neck kembali ke Banten dan diterima dengan baik oleh penduduk akibat Banten mengalami kerugian yang disebabkan oleh portugis. Kemudian Belanda mendarat ke Maluku dan disambut baik oleh masyarakatnya. Sejak saat itu pedagang Belanda banyak yang datang dan melakukan perdagangan di Nusantara. Tahun 1602 pemerintah Belanda mendirikan kongsi dagang yaitu VOC (Vereenigde Oost-Indische Company) agar tidak terjadi persaingan diantara para pedagang Belanda. VOC memiliki hak istimewa (Hak Octrooi) yaitu : 
1. Memonopoli perdagangan 
2. Mencetak mata uang 
3. Menyatakan perang 
4. Mengadakan perjanjian 
5. Memungut pajak 
6. Mendirikan benteng pertahanan 
7. Memiliki pasukan Milliter 

3. Jawaban : D. Dilakukan dengan serangkaian penyelidikan dan kesaksian

Pembahasan: 
Yang menjadi highlight dalam soal tersebut ialah Herodotus sebagai Father of History dan bukunya yang berjudul The Histories. 
Herodotus ialah sejarawan Yunani Kuno yang hidup sekitar abad ke 5SM. Ia dijuluki sebagai Father of History berkat karyanya yang berjudul The Histories yang berisi mengenai peperangan orang Persia yang dibagi menjadi 9 bab terdiri dari sejarah politik, adat istiadat, hukum, dan agama. Ia juga menuliskan mengenai hasil pengamatannya menjelajah wilayah Asia, Yunani, Sicilia, dan Italia. 
Pada zaman Yunani Kuno tradisi sejarah yang hidup adalah tradisi oral atau kisah disampaikan dari mulut ke mulut. Ia menggunakan sumber – sumber yang relevan terhadap karya salah satunya adalah dengan teknik wawancara terhadap orang yang terlibat langsung dalam peristiwa tersebut, meskipun demikian ia sangat hati-hati dalam menyaring informasi yang disampaikan oleh narasumber. Ia menjelaskan apakah informasi tersebut pasti benar, mungkin benar, atau tidak benar yang disertai dengan bukti yang menunjang. Selain itu, ia juga turun langsung ke lapangan atau tempat terjadi peristiwa dan menyelidikinya untuk menunjang karyanya. 

4. Jawaban A. Surat kabar De Expres sebagai salah satu alat untuk melakukan pergerakan nasional 

Pembahasan:
Indische Partij atau IP didirikan di Bandung 25 Desember 1912 oleh golongan Indo Eropa yang dikenal sebagai “tiga serangkai” yaitu Ernest Eugene Douwes Dekker, Suwardi Suryaningrat, dan Cipto Mangunkusumo. IP kemudian mendirikan surat kabar De Expres yang digunakan salah satunya digunakan sebagai alat untuk mengkritik pemerintah Belanda. Dalam salah satu artikel yang berjudul Al Ik Een Nederlander Was (Andai aku orang Belanda), mengakibatkan ketiganya ditangkap dan diasingkan ke Belanda. 


5. Jawaban: A. Sri Sultan Hamengkubuwono IX 

Pembahasan: 
1. Sri Sultan Hamengkubuwono 
Ikut serta sebagai delegasi Indonesia dalam perundingan Roem Royen, pernah menjabat sebagai Wakil Presiden ke dua Indonesia, Wakil Perdana Menteri Indonesia masa M. Natsir, Menteri Pertahanan atau Koordinator Keamanan dalam Negeri. 
2. Ir Djuanda 
Ikut serta sebagai delegasi Indonesia dalam perundingan Roem Royen, pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia, Menteri Keuangan, Menteri Pekerjaan Umum. 
3. Moh Roem 
Ketua delegasi Indonesia pada perundingan Roem Royen, pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri masa Ali Sastroamidjodjo, Menteri Dalam Negeri. 
4. Ali Sastroamidjodo 
Ikut serta sebagai delegasi Indonesia dalam perundingan Roem Royen, pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia, Menteri Pertahanan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. 
5. Dr. Leimena 
Ikut serta sebagai delegasi Indonesia pada perundingan Roem Royen, pernah menjabat sebagai Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Indonesia, Wakil Perdana Menteri masa Djuanda, Menteri Kesehatan Indonesia. 


Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet