Tes Potensi Skolastik Pemahaman Bacaan dan Menulis Disertai Pembahasan

Latihan soal TPS UTBK pemahaman bacaan dan menulis full pembahasan.
tps utbk pemahaman bacaan dan menulis

Paragraf dibawah ini untuk menjawab soal nomor 1-8.

Dibawah ini terdapat delapan butir pertanyaan, pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D, atau E).

Banyak hal yang bisa memicu (1)stres. Pekerjaan di rumah saat mengatur keuangan, bahkan saat (2)berkorelasi dengan orang lain pun bisa memicu stres. Selain bisa membuat produktivitas menjadi turun, stres juga mampu mengarah pada risiko kesehatan. Penelitian menunjukkan mereka yang tidak bisa mengatur tingkat stresnya dan mengalami stres berat (3)beresiko terkena serangan jantung dan masalah (4)kardiovaskular lainnya dalam jangka panjang.
Bukti yang yang dilakukan paling terkini dari penelitian yang dilakukan oleh (5)Unnur a Valdimarsdòttir dari the karolinska lnstitute, (6)swedia. Studi ini melihat peningkatan risiko sebanyak 60 persen jika memiliki (7)stres kronis. “Jika berlangsung dalam jangka panjang maka peningkatannya bertambah sebanyak 30 persen” tuturnya dikutip dari NPR. Penelitian baru ini cukup konsisten dengan (8)study Iain yang sebelumnya telah dilakukan. Studi Iainnya juga menunjukkan depresi, kecemasan dan stres meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Soal 

Soal 1
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. stressed
C. stress
D. stress
E. “stres”

Soal 2
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. berkolaborasi
C. berkorelasi
D. berelasi
E. “berkorelasi”

Soal 3
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. berisiko
C. “beresiko”
D. Beresiko
E. Berisiko

Soal 4
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. Kardiovaskular
C. kardiovaskuler
D. kardiovaskular
E. “kardiovaskuler”

Soal 5
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. Unnur a Valdimarsdóttir
C. Unnur A Valdimarsdóttir
D. Unnur A Valdimarsdóttir
E. Unnur a Valdimarsdóttir
 
Soal 6
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. Swedia
C. Swedia
D. swedish
E. Swedian

Soal 7
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. Stress kronis
C. “stres kronis”
D. kronis stres
E. stres kronis

Soal 8
A. TIDAK ADA YANG PERLU DIPERBAIKI
B. Study
C. study
D. Studi
E. studi

Paragraf dibawah ini untuk menjawab soal nomor 9-10

(1)Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, sukses [...] Marc Marquez (Repsol Honda Team) pada papan klasemen setelah berakhirnya seri MotoGP Amerika. (2)The Doctor [...] julukan Valentino Rossi, sukses menjadi runner-up pada balapan MotoGP Amerika yang berlangsung di Sirkuit Americas, Texas, waktu setempat. (3)Dengan demikian, Rossi kini menduduki posisi kedua [...] naik satu peringkat dengan perolehan 51 poin. (4)Sementara itu, posisi puncak klasemen untuk sementara dipegang Andrea Dovizioso (Ducati) yang berhasil naik satu peringkat. (5)Ia menuntaskan balapan MotoGP Amerika dengan finis [...] urutan keempat dan kini memimpin klasemen dengan raihan 54 poin. (6)Alex Rins yang menjuarai balapan naik satu peringkat di posisi ketiga. (7)Dia mengemas 49 poin. (8)Adapun Marquez yang sebelumnya memimpin klasemen pebalap turun [...] peringkat keempat (turun tiga peringkat) setelah gagal finis pada balapan MotoGP Amerika. (9)Saat ini, Marquez mengemas 45 poin.
Sumber: Kompas.com

9. Judul yang tepat untuk melengkapi paragraf diatas adalah ...
A. Valentino Rossi Sukses Geser Marc Marquez
B. MotoGP Amerika: Ketegangan Valentino Rossi Menghadapi Marquez
C. Duel Kesekian Kalinya Marquez dan Valentino Rosii
D. Daftar Perolehan Poin MotoGP Amerika
E. Sponsor Baru Valentino Rossi dan Marc Marquez

10. Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada kalimat 1 adalah ...
A. mengalahi
B. menjadikan
C. menggeser
D. mematikan
E. melawan

Jawaban

1. Jawaban: A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI

Pembahasan: Kata stres merupakan makna serapan dari bahasa inggris stress. Dalam kamus KBBI stress adalah kata tidak baku karena mengikuti pola kata sebenarnya. Maka, stres merupakan kata yang tepat dan tidak perlu diperbaiki.

2. Jawaban: D. berelasi

Pembahasan: Kata berkorelasi memiliki makna hubungan timbal balik, sedangkan pada kalimat menjelaskan tentang hubungan yang terjalin antar sesama. Kata yang tepat adalah berelasi, yang memiliki makna membuat jalinan/perkenalan/hubungan antar sesama.

3. Jawaban: B. berisiko

Pembahasan: Kata beresiko menurut kamus KBBI merupakan kalimat tidak baku. Maka, kalimat baku yang bermakna akibat yang kurang menyenangkan (merugikan, membahayakan) dari suatu perbuatan atau tindakan, yaitu risiko. Maka kata yang paling tepat dalam ha ini adalah berisiko.

4. Jawaban: A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI

Pembahasan: Kata kardiovaskular merupakan sebutan kesehatan yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah, maka kata tersebut tidak diperlukan pembenaran kembali

5. Jawaban: C. Unnur A Valdimarsdóttir

Pembahasan: Aturan penulisan nama orang sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia adalah memakai huruf kapital pada huruf pertama beserta julukannya. Maka, jawaban yang paling tepat ialah: Unnur A Valdimarsdóttir.

6. Jawaban: B. Swedia

Pembahasan: Aturan penulisan nama negara sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia adalah memakai huruf kapital pada huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa. Maka, jawaban yang paling tepat ialah: Swedia.

7. Jawaban: A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI

Pembahasan: Kata stres memiliki arti gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar. Kata tersebut tepat jika diikuti dengan kata sifat ‘kronis’ yang membentuk frase stres kronis yang memiliki arti gangguan mental akut yang berkepanjangan.

8. Jawaban: E. studi

Pembahasan: ‘study’ merupakan bahasa asing yang seharusnya ditulis miring (study). Apabila menuliskannya dalam bentuk biasa maka dapat menggunakan bahasa serapan yaitu ‘studi’.

9. Jawaban: A. Valentino Rossi Sukses Geser Marc Marquez

Pembahasan: Paragraf tersebut membahas tentang kemenangan Valentino Rossi sebagai runner-up pada ajang MotoGP Amerika. Dengan kemenangannya tersebut Marc Marwuez mengalami penurunan klasemen karena poinnya telah dikalahkan oleh Valentino Rossi. Maka, judul yang paling berkaitan dengan pembahasan umum tersebut adalah “Valentino Rossi Sukses Geser March Marquez”

10. Jawaban: C. menggeser

Pembahasan: Kalimat 1 menjelaskan tentang posisi Valentino Rossi yang lebih unggul dibandingkan March Marquez setelah menjadi runner-up pada ajang MotoGP Amerika. Kata yang rumpang dapat diisi dengan kata berimbuhan produktif meng- dengan kata geser karena adanya perubahan posisi klasemen. Maka jawaban yang paling tepat adalah menggeser.


Sumber soal: masukkampus
Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet