Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis Beserta Pembahasannya

Latihan soal TPS Kemampuan memahami bacaan dan menulis beserta jawaban dan pembahasannya
Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis Beserta Pembahasannya

Soal TPS Kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Bacalah tulisan berikut, kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang tepat di antara pilihan jawaban A, B, C, D atau E

Bacaan 1

(1) Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. (2) Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung. (3) Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. (4) Tanpa insulin sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi. (5) Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. (6) Apabila seseorang tidak mampu meminimalisir glukosanya di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan 1[…] gangguan organ tubuh. (7) Lebih parahnya lagi, jika seseorang tidak mampu mengontrol glukosa dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.
8) Secara umum, diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. (9) Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. (10) Hal ini mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah sehingga terjadi kerusakan pada organ-organ tubuh. (11) Diabetes tipe 1 dikenal juga dengan diabetes autoimun. (12) Pemicu timbulnya keadaan autoimun ini masih belum diketahui dengan pasti. (13) Dugaan paling kuat adalah disebabkan oleh faktor 2[…] dari penderita yang dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan. (14) Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang lebih sering terjadi.

Soal

1. Judul yang paling tepat untuk melengkapi teks di atas adalah….
A. Diabetes Disebabkan Kadar Glukosa dalam Tubuh
B. Diabetes Penyakit yang Disebabkan oleh Tingginya Kadar Glukosa
C. Glukosa Merupakan Faktor Diabetes
D. Mengenali Kadar Glukosa dan Jenis-Jenis Penyakit Diabetes
E. Jenis-Jenis Penyakit Diabetes dan Penyembuhannya

2. Kata berimbuhan yang salah pada paragraf ke 1 adalah….
A. memproduksi
B. menyerap
C. meminimalisir
D. mengontrol
E. mengolah

3. Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat di atas adalah ....
A. macam, keturunan,
B. berbagai, genetik,
C. banyak, keturunan,
D. jenis, riwayat,
E. macam-macam, gen

4. Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks di atas adalah
A. Kinerja insulin yang optimal mengakibatkan sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.
B. Jika seseorang tidak bisa mengontrol insulin dalam tubuh, maka penyakit berbahaya akan menjadi ancaman hingga kematian.
C. Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin.
D. Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung.
E. Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang lebih sering terjadi.

5. Kalimat utama paragraf 1 ditunjukkan oleh nomor....
A. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.
B. Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal.
C. Jika seseorang tidak mampu mengontrol glukosa dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.
D. Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung.
E. Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh.

6. Kalimat suntingan yang tepat untuk kalimat 6 bacaan di atas adalah ....
A. Lebih parahnya lagi, jika seseorang tidak mampu mengontrol glukosa dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.
B. Jika seseorang tidak mampu mengontrol glukosa dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.
C. Oleh karena itu, jika seseorang tidak dapat mengontrol glukosa dengan baik, maka dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.
D. Namun, apabila seseorang tidak dapat mengkontrol glukosa dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.
E. Apabila seseorang tidak dapat mengkontrol glukosa dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

7. Agar menjadi paragraf yang baik, kalimat penutup paragraf terakhir yang paling sesuai adalah ….
A. Oleh karena itu, mengenali sejak awal tipe diabetes tersebut merupakan langkah awal untuk mengontrol pola asupan glukosa ke dalam tubuh.
B. Dan, kita harusnya mengenali sejak awal tipe diabetes tersebut merupakan langkah awal untuk mengontrol pola asupan glukosa ke dalam tubuh.
C. Tipe-tipe tersebut sangat penting untuk diketahui dan melakukan pencegahan terhadap penyakit diabetes.
D. Dengan mengenali tipe diabetes penderita bisa melakukan pencegahan lebih awal.
E. Kemudian mengenali faktor tipe diabetes tipe 1 dan 2 akan mengenali produksi insulin dalam tubuh.

8. Kalimat di bawah ini yang menunjukan hubungan syarat terdapat pada kalimat….
A. Microbial fuel cell adalah perangkat yang mengubah energi kimia menjadi energi listrik dengan aksi mikroorganisme, yang dalam kasus ini apabila ditemukan di dalam tanah.
B. Sampai sejauh ini para peneliti mengatakan penelitian deteksi dini dilakukan dalam skala kecil dan tidak saling berhubungan.
C. Para ilmuwan mengatakan kemampuan tanaman naungan untuk menghasilkan energi dalam tingkat yang rendah untuk memasok sel bahan bakar akan merevolusi cara pengamatan alam.
D. Gula ini tidak tinggal di daun, tetapi diangkut ke seluruh tanaman ke batang dan akar.
E. Hal yang sangat penting dari teknologi ini ialah kemampuan untuk mendapatkan dan menangkap energi dari tanaman di daerah yang kurang sinar matahari.

Tulisan berikut diikuti oleh dua butir pertanyaan. Pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D atau E)

Bacaan 2

Para peserta diberitahu tentang pilihan dokter untuk menawarkan opsi (9)bypass jantung. Opsi ini berpeluang menjaga kesehatan pasien selama bertahun-tahun, meski ada kemungkinan kematian saat (10)operasi. Mungkin seperti sudah diprediksi, para peserta menilai keputusan (11)sang dokter jauh lebih keras jika mereka diberi tahu bahwa pasien meninggal setelah operasi dibandingkan ketika mereka diberitahu bahwa pasien bertahan hidup meskipun manfaat dan risikonya sama persis dalam setiap kasus. Bagaimanapun, begitu Anda mengetahui tentang tragedi itu, sulit untuk tidak menyalahkan, dokter membuat para peserta mempertanyakan kompetensinya dan (12)nonkooperatif.

9.
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. Bypass
C. “bypass”
D. bypass
E. “bypass”

10. 
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. oprasi
C. Operasi
D. operasi
E. oprasi

11. 
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. Sang
C. sang
D. Sang
E. ‘sang’

12.
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. non kooperatif
C. non-kooperatif
D. non-Kooperatif
E. nonkooperatif


Bacalah tulisan berikut, kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang tepat di antara pilihan jawaban A, B, C, D atau E.

Bacaan 3

(1) Bicara soal budaya Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. (2) Keragamannya mulai dari agama, suku, etnis, tarian dan masih banyak lagi dan dari wilayah ke wilayah lainnya sudah berbeda adat istiadatnya. (3) Hal ini juga yang sering menarik perhatian dunia. (4) Wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia, pasti akan terkesan dengan keragaman budaya di Indonesia ini. (5) Budaya di Indonesia ini merupakan peninggalan dari nenek moyang yang harus kita jaga. (6) Indonesia sendiri sudah terkenal akan keragaman budaya. (7) Maka tidak heran jika warga negara asing justru banyak yang rela bersekolah kebudayaan Indonesia, dan menetap di Indonesia. (8) Kita sebagai warga negara indonesia harus bangga dan membantu untuk tetap melestarikannya.

(9) Batik merupakan hasil karya Indonesia yang sekarang ini sudah mendunia. (10) Banyak sekali artisartis luar negeri yang memakai baju dengan motif batik untuk menghadiri acara-acara ternama. (11) Selain itu batik juga sudah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. (12) Batik sendiri berasal dari beberapa wilayah indonesia dengan ciri khas motif yang berbeda-beda. (13) Dan jenis batik sendiri sekarang juga sudah beragam mulai dari batik tulis dan batik cetak. (14) Dulunya batik dibuat menggunakan alat khusus yaitu canting dan malam untuk melukiskan motif di kain dan sering dikenal dengan sebutan batik tulis. (15) Namun, sekarang sudah ada alat batik dengan menggunakan cetakan yang sering anda kenal dengan sebutan batik cetak.

13. Apa gagasan utama paragraf kedua?
A. Banyak sekali artis-artis luar negeri yang memakai baju dengan motif batik untuk menghadiri acara-acara ternama.
B. Batik sendiri berasal dari beberapa wilayah indonesia dengan ciri-khas motif yang berbeda-beda.
C. Jenis batik sendiri sekarang juga sudah beragam mulai dari batik tulis dan batik cetak.
D. Dulunya batik dibuat menggunakan alat khusus yaitu canting dan malam untuk melukiskan motif di kain dan sering dikenal dengan sebutan batik tulis.
E. Batik merupakan hasil karya Indonesia yang sekarang ini sudah mendunia.

14. Kesalahan penggunaan tanda baca ditemukan pada kalimat ....
A. (1) dan (2)
B. (4) dan (7)
C. (9) dan (11)
D. (12) dan (13)
E. (14) dan (15)

15. Pertanyaan yang jawabannya tidak sesuai dengan teks tersebut adalah….
A. Keragaman apa saja yang menjadi kebanggaan Indonesia?
B. Mengapa UNESCO mengakui batik Indonesia sebagai satu-satunya warisan dunia?
C. Alat apa yang digunakan untuk membuat batik Indonesia yang mendunia?
D. Apa yang membuat wisatawan asing terkesan dengan budaya Indonesia?
E. Mengapa sebagai warga negara Indonesia harus bangga dan membantu untuk tetap melestarikannya?

16. Kata “ini” pada kalimat ke-3 di atas merujuk pada….
A. Budaya di Indonesia ini merupakan peninggalan dari nenek moyang yang harus kita jaga.
B. Batik sendiri berasal dari beberapa wilayah indonesia dengan ciri khas motif yang berbeda-beda.
C. Wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia, pasti akan terkesan dengan keragaman budaya di Indonesia ini.
D. Keragamannya mulai dari agama, suku, etnis, tarian dan masih banyak lagi dan dari wilayah ke wilayah lainnya sudah berbeda adat istiadatnya.
E. Dulunya batik dibuat menggunakan alat khusus yaitu canting dan malam untuk melukiskan motif di kain dan sering dikenal dengan sebutan batik
tulis.

17. Konjungsi yang salah terdapat pada kalimat….
A. (2) dan (7)
B. (8) dan (10)
C. (11) dan (13)
D. (12) dan (4)
E. (9) dan (14)

18. Penulisan judul yang sesuai dengan EBI adalah….
A. Gerak-Gerik Pencuri di Malam Hari dengan Alat Saktinya
B. Kecil-kecil Jadi Pengusaha Buah Mangga
C. Berjalan-Jalan Ke Kota Kembang Bandung
D. Si Pohan dan Si Juna Pemburu Harta Karun di Maribaya
E. Surat Cinta Dari Pengagum Rahasia

19. Penulisan huruf kapital di bawah ini yang salah adalah….
A. Seharusnya dia berpikir dan berdoa terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa.
B. Pria itu dikejar-kejar pihak berwenang karena mengaku sebagai nabi.
C. Bulan ini ayah saya akan dilantik menjadi menteri.
D. Hal yang kurang menyenangkan ketika ia diketahui Suku Sunda.
E. Perang Kemerdekaan menjadi saksi rakyat Indonesia yang tak terlupakan.

20. Hubungan perbandingan terdapat dalam pernyataan....
A. Pengendara itu mengendarai mobilnya dengan sangat kencang, dia tengah mengendarai motornya di sebuah sirkuit balapan.
B. Rumahnya begitu megah dan mewah kalau dilihatnya sebuah istana di zaman Yunani kuno.
C. Roti ini sangat lembut serasa sebuah kapas.
D. Rasa manisnya begitu terasa di lidahku seakan-akan rasa manis tersebut memanjakan atau merayu lidahku.
E. Vallen terdiam membisu, mulutnya tengah terkunci dengan rapat.

Jawaban dan Pembahasan
1. Jawaban D. Mengenali Kadar Glukosa dan Jenis-Jenis Penyakit Diabetes
Pembahasan: Menentukan judul dalam teks bisa dilihat dari berbagai ide pokok dalam sebuah paragraf, kemudian menggabungkan ide pokok tersebut. Mengenali Kadar Glukosa adalah ide dalam paragraf ke-1

2. Jawaban C. meminimalisir
Pembahasan: Jelas dalam bahasa Indonesia sebenarnya akhiran-ir tidak ada atau tidak baku.

3. Jawaban B. berbagai, genetik,
Pembahasan: mencari kata/diksi dengan tepat

4. Jawaban A. Kinerja insulin yang optimal mengakibatkan sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.
Pembahasan: Jelas, dalam mencari pernyataan yang sesuai dengan teks maka harus membaca dengan cermat dan memperhatikan korelasi antar kalimat.

5. Jawaban B. Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal.
Pembahasan: Berdasarkan letak gagasan pokok dalam paragraf:
a. Deduktif (awal paragraf)
b. Ineratif (tengah paragraf)
c. Deduktif (akhir paragraf)
d. Campuran (awal dan akhir paragraf)

6. Jawaban C. Oleh karena itu, jika seseorang tidak dapat mengontrol glukosa dengan baik, maka dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.
Pembahasan: tujuan penyuntingan adalah mempermudah pembaca dalam memahami teks bacaan serta kaidah kalimat efektif memperhatikan kehematan kata, sedangkan kaidah dalam bahasa Indonesia fungsi konjungsi sebagai ciri dalam suatu paragraf

7. Jawaban A. Oleh karena itu, mengenali sejak awal tipe diabetes tersebut merupakan langkah awal untuk mengontrol pola asupan glukosa ke dalam tubuh.
Pembahasan: penggunaan konjungsi kausalitas oleh karena itu, menunjukan kausal dari mengenali
tipe diabetes terhadap asupan glukosa (sebab-akibat)

8. Jawaban A. Microbial fuel cell adalah perangkat yang mengubah energi kimia menjadienergi listrik dengan aksi mikroorganisme, yang dalam kasus ini apabila ditemukan di dalam tanah.
Pembahasan: konjungsi apabila merupakan jenis konjungsi hubungan syarat.

9. Jawaban D. bypass
Pembahasan: serapan asing ditulis dengan huruf miring

10. Jawaban  A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
Pembahasan: menurut KBBI, yang tepat ialah operasi bukan oprasi

11. Jawaban A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
Pembahasan: penulisan sang ditulis dengan huruf kecil, kecuali penulisan dalam judul

12. Jawaban  A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
Pembahasan: Kata ‘non’ digabung penggunaannya dengan kata dasar ataupun kata berimbuhan tanpa tanda strip atau spasi. Kata yang biasa disambung dan sudah ditemukan penggunaannya adalah kata yang diawali huruf a, b, d, e, f, h, i, k, m, p, s, t, dan v.

13. Jawaban  E. Batik merupakan hasil karya Indonesia yang sekarang ini sudah mendunia.
Pembahasan: Kalimat tersebut merupakan gagasan pokok yang berada di awal paragraf yang belum mengalami pengembangan paragraf berdasarkan letak gagasan pokok dalam paragraf:
1. Deduktif (awal paragraf)
2. Ineratif (tengah paragraf)
3. Deduktif (akhir paragraf)
4. Campuran (awal dan akhir paragraf)

14. Jawaban B. (4) dan (7)
Pembahasan: penggunaan tanda ‘koma’ kalimat tersebut tidak tepat

15. Jawaban B. Mengapa UNESCO mengakui batik Indonesia sebagai satu-satunya warisan dunia?
Pembahasan: Jelas, pertanyaan tersebut tidak sesuai dengan pertnyataan dalam teks karena terdapat ciri kata ‘satu-satunya’ dalam pertanyaan tersebut.

16. Jawaban D. Keragamannya mulai dari agama, suku, etnis, tarian dan masih banyak lagi dan dari wilayah ke wilayah lainnya sudah berbeda adat istiadatnya.
Pembahasan: kata ‘ini’ merujuk pada kalimat sebelumnya.

17. Jawaban C. (11) dan (13)
Pembahasan: konjungsi ‘Selain itu’ merupakan konjungsi antarkalimat kemudian harus disertai dengan tanda baca (,) sedangkan konjungsi ‘dan’ digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih
klausa yang mempunyai status sederajat.

18. Jawaban D. Surat Cinta Dari Pengagum Rahasia
Pembahasan: Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa.

19. Jawaban D. Hal yang kurang menyenangkan ketika ia diketahui Suku Sunda
Pembahasan: Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa

20. Jawaban D. Rasa manisnya begitu terasa di lidahku seakanakan rasa manis tersebut memanjakan atau merayu lidahku.
Pembahasan: konjungsi seakanakan merupan jenis konjungsi hubungan perbandingan.
Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet