Teknik Optimalisasi Utilitas Memori pada Sistem Operasi

Teknik Optimalisasi memori pada sistem operasi
teknik optimalisasi utilitas memori

Teknik Optimalisasi Memori

Teknik Overlay

Teknik ini digunakan dalam manajemen memori partisi statis, overlay merupakan teknik yang membagi program dari bagian terbesar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil agar dapat dimuat secara parsial ke dalam page memori yang berukuran lebih kecil. dengan menggunakan teknik ini, hanya kode instruksi yang disalin ke partisi dan jika bagian lain dari program ditentukan maka akan dilakukan penimpaan(ter-replace) pada area overlay

Dynamic Loading

Dynamic Loading adalah suatu teknik dimana hanya bagian bagian program yang sedang dibutuhkan saja pada saat dieksekusi yang akan disalin ke memori utama, agar lebih efisien. Bagian-bagian yang tidak terpanggil saat eksekusi tidak akan disalin ke main memori/memori utama. Dynamic loading dibutuhkan saat program yang cukup besar karena harus menangani banyak program yang jarang terjadi.

Dynamic Linking

Teknik ini memungkinkan link ke pustakan program dan disalin ke memori utama kemudian akan digunakan bersama oleh sejumlah program. Linking dilakukan secara dinamis pada saat eksekusi. File yang digunakan biasanya file dengan tipe .dll .sys ataupun .drv. Teknik iki menghemat memori karena sejumlah program aplikasi yang menggunakan pustaka yang sama akan disalin satu kali saja kedalam memori utama.

Virtual Memori

Teknik virtual memori melibatkan memori sekunder, pada teknik ini diperlukan sebuah pengalamatan secara logika dan mekanisme swapping. Swapping yaitu suatu proses pemindahan sebagian/seluruh bagian proses dari memori utama ke memori sekunder (SWAP OUT) dan juga sebaliknya, dari memori sekunder ke memori utama (SWAP IN).


teknik virtual memori

Keuntungan dari teknik ini yakni :
  • Lebih sedikit I/O yang dilakukan karena swapping akan dilakukan per page/halaman
  • Lebih sedikit memori utama yang diperlukan untuk proses, karena hanya sebagian saja dari image proses yang akan disalin ke memori utama
  • Respon sistem akan menjadi lebih cepat karena proses eksekusinya cukup cepat
  • Lebih banyak proses yang dapat dijalankan secara bersamaan

Mekanisme Virtual memori

Demand Pagging
  • Jumlah frame dimemori utama untuk setiap proses tergantung tingkat multiprogramming. Semakin tinggi maka akan semakin sedikit jatah frame untuk tiap proses.
  • Menggunakan bit valid/invalid pada page table proses
  • Jika berstatus invalid maka akan terjadi trap page fault, kemudian hal ini akan ditangani oleh SO yaitu Page Fault Handler yang biasa bertugas untuk menangani operasi Swap-in terhadap page yang diperlukan.
Demand Segmentation
  • Tiap segmen berisi barisan linear alamat 0 sampai dengan maksimum. Panjang tiap segmen dapat berbeda-beda sampai panjang segmen maksimum.
  • Dengan segmentasi, pemrogram tidak akan berurusan dengan batasan-batasan memori yang disebabkan oleh kapasitas memori utama.
  • Spesifikasi alamat pada memori bersegmen adalah dua dimensi. Alamat terdiri dua bagian, yaitu: Nomor segmen dan  Alamat pada segmen itu (offset)
Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet