Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK 2020 Penalaran Umum dan Pembahasan

Soal tes potensi skolastik utbk 2020 materi penalaran umum beserta kunci jawaban dan pembahasannya
Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK 2020 Penalaran Umum dan Pembahasan

Soal

Bacaan 1 : untuk soal nomor 1-7

Para ilmuwan China menemukan sebuah lubang hitam monster yang saking besarnya, harusnya tak pernah ada. Dilansir dari CNN dan Space.com; lubang hitam stellar seharusnya tidak bisa lebih besar dari 25 kali lipat massa Matahari. Pasalnya, lubang hitam s tellar yang terbentuk setelah bintang mati, kehilangan banyak massa ketika bintang yang mati meledak. Namun, lubang hitam yang baru ditemukan ini memiliki massa 68 kali lebih besar dari Matahari. Selain itu, lubang hitam bernama LB-1 ini relatif dekat dengan Bumi, dengan jarak 13.800 tahun cahaya dari planet kita. Penulis utama studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nature, Jifeng Liu dari Chinese Academy of Sciences, berkata bahwa menurut model evolusi bintang saat ini, lubang hitam dengan massa sedemikian besar seharusnya tidak ada dalam galaksi kita. Oleh karena itu, keberadaan lubang hitam baru ini menjadi tantangan bagi para pembuat teori untuk menjelaskan formasinya. Menurut Liu dan tim, ukuran raksasa LB-1 mungkin karena ia terbentuk bukan hanya akibat keruntuhan satu bintang saja, melainkan dua lubang hitam lebih kecil yang saling mengorbit. Kemungkinan lainnya, lubang hitam ini terbentuk akibat fenomena yang disebut "fallback supernova". Ini merupakan fenomena di mana sebuah supernova (tahap terakhir dari bintang yang meledak) melepaskan material yang kemudian jatuh kembali ke supernova dan menciptakan lubang hitam. Secara teori, fallback supernova memang bisa terjadi. Namun hingga kini, para ahli belum dapat membuktikannya. Selain itu, ada kemungkinan para ahli salah mengkalkulasikan massanya. Liu dan timnya mengakui bahwa massa sebuah lubang hitam bergantung pada jarak yang dikalkulasikan. Berbeda dengan hasil temuan ilmuwan China, hasil observasi menggunakan teleskop Gaia di Eropa menunjukkan bahwa jarak LB-1 dengan Bumi mungkin hanya 7.000 tahun cahaya yang membuat massanya hanya 10 kali lipat matahari. Akan tetapi, tim ilmuwan China berkata bahwa bila LB-1 lebih dekat dari kalkulasi mereka, seharusnya lubang hitam itu lebih redup dan massanya lebih kecil. Hal ini juga menambah rumit misteri LB-1 karena temperatur yang diobservasi oleh para peneliti tidak bisa dijelaskan dengan luminositas yang lebih rendah.

1. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf 1 adalah ……
A. Lubang hitam monster yang ditemukan ilmuwan China sebenarnya tidak pernah ada.
B. Bintang mati yang meledak mengakibatkan lubang hitam kehilangan banyak massa.
C. Massa lubang hitam stellar seharusnya mencapai lebih dari 68 kali lipat massa Matahari.
D. Lubang hitam LB-1 relatif dekat dengan Matahari, dengan jarak 13.800 tahun cahaya.
E. Keberadaan lubang hitam dengan massa besar pernah dijumpai pada riset sebelumnya.

2. Pernyataan yang benar mengenai lubang hitam stellar adalah ……
A. Kemungkinan terdapat lubang hitam stellar berukuran sama dengan massa Matahari.
B. Pembentukan lubang hitam stellar disertai dengan proses bintang yang mati.
C. Bintang akan kehilangan banyak massa ketika mati dan akhirnya meledak.
D. Ukuran massa lubang hitam stellar yang terbesar lebih dari 68 kali massa Matahari.
E. Lubang hitam stellar yang terdekat dengan Bumi berjarak 13.800 tahun cahaya.

3. Salah satu kemungkinan penyebab ukuran raksasa lubang hitam LB-1 yang memiliki massa 68 kali lebih besar dari Matahari adalah ……
A. Menyerap banyak massa ketika bintang induk mati dan meledak.
B. Terbentuk bukan hanya akibat runtuhnya satu bintang saja.
C. Terdapat dua lubang hitam raksasa yang saling mengorbit.
D. Peluruhan massa selama tahap terakhir ledakan bintang induk.
E. Tersebarnya material ledakan ke atmosfer supernova.

4. Salah satu kemungkinan lain terbentuknya lubang hitam LB-1 yang berukuran besar adalah akibat fenomena fallback supernova, yakni ……
A. Sebuah bintang yang mengalami proses mati dan pada akhirnya meledak melepaskan material ke angkasa.
B. Bintang mati yang tidak lagi aktif sehingga mengalami penyusutan dan kehilangan banyak massa.
C. Runtuhnya dua atau lebih bintang yang dikombinasikan dengan dua lubang hitam lebih kecil yang saling mengorbit.
D. Temperatur supernova memiliki luminositas yang lebih rendah sehingga material ledakan jatuh kembali.
E. Tahap terakhir dari bintang mati yang meledak melepaskan material yang kemudian jatuh kembali ke supernova.

5. Terdapat kemungkinan para ahli salah mengkalkulasikan massa lubang hitam LB-1 dimana massa sebuah lubang hitam dipengaruhi oleh ……
A. Temperatur supernova
B. Jarak kalkulasi
C. Instrumen yang digunakan
D. Ukuran bintang induk
E. Luminositas

6. Salah satu misteri rumit lubang hitam LB-1 adalah temperatur yang diobservasi oleh para peneliti tidak bisa dijelaskan dengan luminositas yang lebih rendah. Arti kata luminositas adalah ……
A. Total energi yang dipancarkan benda langit
B. Temperatur permukaan benda langit
C. Tingkat radiasi benda langit
D. Ukuran massa total dari benda langit
E. Persebaran material ledakan benda langit

7. Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi paragraf 2 adalah ……
A. Fenomena fallback supernova terjadi pada tahap terakhir dari bintang yang meledakdan melepaskan material yang jatuh kembali.
B. Hasil observasi di Eropa menunjukkan jarak LB-1 dengan Bumi hanya setengah dari jarak yang disampaikan ilmuwan China.
C. Salah satu kemungkinan penyebab ukuran raksasa LB-1 adalah karena ia terbentuk bukan hanya akibat keruntuhan satu bintang.
D. Fenemona fallback supernova sudah sering terjadi dalam proses pembentukan lubang hitam stellar akibat ledakan bintang.
E. Jika lubang hitam semakin dekat dengan Bumi maka lubang hitam itu seharusnya lebih redup dan memiliki massa lebih kecil.

Bacaan 2 untuk soal nomor 8-14

Sejarawan JJ Rizal meyakini bahwa Indonesia pernah menjadi tempat lahirnya teori evolusi berbasis pada seleksi alam dan ilmu biogeografi. Hal itu diyakininya setelah membaca buku berjudul The Malay Archipelago karya Alfred Russell Wallace. The Malay Archipelago pertama kali dipublikasikan pada tahun 1869. Buku tersebut berisi tentang kekayaan flora dan fauna Nusantara, dari Sumatera di bagian barat hingga Papua di ujung timur. Bahkan, dari buku tersebut dapat diketahui bahwa Wallace adalah seorang naturalis pertama yang sampai ke Papua, sekalipun hanya singgah di pinggiran pulau Papua. Perjalanan keilmuan Alferd Russell Wallace, hingga tersebutlah wilayah Wallacea Nusantara, adalah bagian yang didokumentasikan dalam buku the Malay Archipelago itu. Wallace menceritakan semua penemuannya tentang biodiversitas atau keanekaragaman hayati di Nusantara, serta budaya, bahasa, serta peta perpindahan manusia purba di Nusantara. Berawal dari ketertarikan dan keyakinan terhadap inspirasi besar seorang Wallace dalam karyanya tersebut, JJ Rizal beserta timnya menerjemahkan The Malay Archipelago menjadi bahasa Indonesia dengan judul Kepulauan Nusantara. Menurut Rizal, buku The Malay Archipelago sebenarnya sudah pernah diterjemahkan ke bahasa Indonesia dengan judul yang berbeda. Namun, hasilnya terkesan terburu buru dan kurang sesuai aslinya. "Saya pernah membeli buku terjemahannya di daerah Sumatera, waktu itu harganya murah, tapi pas saya baca isinya itu tidak sesuai dengan apa yang dituliskan Wallace, karena ada yang dipotong jadinya malah salah makna," kata Rizal. Menjawab hal tersebut, JJ Rizal mengatakan bahwa saat ini teori evolusi Charles Darwin adalah penemuan terbesar yang banyak diketahui masyarakat dunia termasuk masyarakat Indonesia. Padahal, kata dia, teori evolusi Darwin sangat mungkin sekali hadir karena terinspirasi dari karya Wallace. "Saat itu Wallace mengirim surat ke Inggris, kemudian dibacakan di depan linear society dan satu tahun kemudian, buku Darwin yang berjudul The Origin of Species yang berisi tentang teori evolusi itu terbit," tutur Rizal. Buku Darwin tersebut menurut Rizal sangat mungkin terinspirasi atau disebut eureka dari karya Wallace sebelumnya. "Di mana artinya, seharusnya Indonesia merayakan atas heritage atau warisan sejarah yang besar, bahwa nusantara pernah menjadi tempat penemuan teori akbar dalam sejarah ilmu pengetahuan, dan cara Wallace bekerja juga menarik, sehingga dapat menjadi inspirasi tentang pentingnya sains," jelasnya. Namun hari ini, kata Rizal, justru ironisnya sains di Indonesia seperti tidak punya tempatnya dan saat ini justru terancam karena tidak adanya perangai ilmiah dan tidak menghargai situs-situs sejarah. Terutama dalam bentuk bentang alam yang besar dengan kekayaan flora dan fauna, yang sudah digambarkan oleh Wallace, sekarang digantikan oleh perkebunan yang beraneka macam yang mengancam spesies-spesies.

8. Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi paragraf 1 adalah ……
A.  Buku berjudul The Malay Archipelago adalah karya naturalis Alfred Russell Wallace.
B. Sejarawan JJ Rizal meyakini bahwa Indonesia menjadi tempat lahirnya teori evolusi.
C. Wallace adalah naturalis pertama yang mengeksplorasi seluruh wilayah Papua.
D. Buku The Malay Archipelago berisi tentang kekayaan flora dan fauna Nusantara.
E. Terdapat unsur budaya dan bahasa dalam cerita Wallace di The Malay Archipelago.

9. Berikut ini yang bukan merupakan hal yang diceritakan Wallace di buku The Malay Archipelago adalah ……
A. Biodiversitas
B. Budaya
C. Bahasa
D. Manusia purba
E. Bentang alam

10. Menurut pandangan Rizal, buku terjemahan The Malay Archipelago tidak sesuai dengan versi aslinya karena ……
A. Susunan kata terburu-buru dan tidak jelas.
B. Harga jualnya murah di pasaran.
C. Ada pemotongan sehingga salah makna.
D. Perbedaan interpretasi bahasa.
E. Penerjemah bukan seorang naturalis.

11. Hal yang mendasari asumsi Rizal bahwa teori evolusi Darwin terinspirasi oleh penelitian Wallace adalah ……
A. Wallace mengirim surat ke Inggris yang dibacakan di depan linear society sebelum buku Darwin terbit.
B. Buku The Origin of Species karangan Darwin terbit hanya beberapa hari setelah karya Wallace dipublikasikan.
C. Darwin merupakan salah satu rekan penelitian Wallace tentang teori evolusi pada makhluk hidup.
D. Teori evolusi berbasis pada seleksi alam dan ilmu biogeografi dicetuskan oleh Darwin dan Wallace.
E. Biodiversitas atau keanekaragaman di Nusantara serupa dengan Galapagos yang menjadi subjek Darwin.

12. Pernyataan yang benar tentang Darwin adalah……
A. Karya Darwin diterbitkan tahun 1869
B. Surat Darwin dibacakan di depan linear society
C. Naturalis pertama yang sampai ke Papua
D. Penerjemah buku The Malay Archipelago
E. Penulis buku The Origin of Species

13. Rizal mengatakan bahwa sains di Indonesia ironis seperti tidak punya tempat dan justru terancam. Hal ini disebabkan oleh, kecuali ……
A. Tidak adanya perangai ilmiah
B. Tidak menghargai situs-situs sejarah
C. Pergantian fungsi habitat alami
D. Dinamika kondisi iklim yang ekstrem
E. Ancaman terhadap spesies langka

14. Pernyataan yang sesuai dengan bacaan yang diberikan adalah ……
A. Buku The Malay Archipelago pertama kali diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh sejarawan JJ Rizal beserta timnya.
B. Buku berjudul The Malay Archipelago merupakan karya Alfred Russell Wallace yang mulai ditulis pada tahun 1869.
C. Indonesia atau Nusantara merupakan tempat lahirnya teori evolusi berbasis pada seleksi alam dan ilmu biogeografi.
D. Saat ini teori evolusi yang dicetuskan Wallace adalah penemuan terbesar yang banyak diketahui masyarakat dunia.
E. Peta perpindahan manusia purba di Nusantara juga merupakan salah satu cerita Wallace di buku The Malay Archipelago.

Untuk soal nomor 15-17

Data pengguna narkoba di Indonesia

15. Tabel di atas menunjukkan data pengguna narkoba di Indonesia.
Pernyataan yang salah adalah ……
A. Anak berusia kurang dari 16 tahun terpapar narkoba
B. Pengguna narkoba sebagian besar berusia lebih dari 29 tahun
C. Setiap tahun selalu terjadi kenaikan jumlah pengguna di setiap umur
D. Pada tahun 2007 jumlah pengguna lebih besar dari dua tahun sebelumnya
E. Untuk usia 25-29 tahun terjadi kenaikan lebih dari 1000 pengguna di tahun 2007

16. Persentase kenaikan jumlah pengguna narkoba untuk rentang usia 20-24 tahun dari tahun 2005 ke 2006 adalah ……
A. 15.7%
B. 28.3%
C. 34.5%
D. 41.8%
E. 52.3%

17. Untuk penduduk berusia kurang dari 30 tahun, yang mengalami kenaikan jumlah pengguna narkoba terbesar tahun 2007 adalah ……
A. Siswa SD
B. Siswa SMP
C. Siswa SMA
D. Mahasiswa
E. Pekerja kantoran

Untuk soal nomor 18-20

Grafik Indeks Letusan Vulkanis (VEI) Gunung Merapi

18. Grafik di samping menunjukkan Indeks Letusan Vulkanis (VEI) Gunung Merapi. Berdasarkan grafik, gunung Merapi menunjukkan VEI kedua tertinggi pada tahun ……
A. 1920 dan 1961
B. 1920 dan 1956
C. 1930 dan 1961
D. 1930 dan 2010
E. 1961 dan 2010

19. Pernyataan yang tidak sesuai dengan grafik adalah ……
A. VEI terbesar terjadi tahun 2010
B. VEI terkecil adalah 1
C. VEI tahun 1956 adalah 2
D. VEI tahun 1924 sama dengan 1957
E. VEI tahun 1920 lebih rendah dari 1949

20. Hal yang paling mungkin terjadi jika setelah tahun 2010 Gunung Merapi meletus adalah ……
A. VEI-nya akan sebesar 2
B. VEI-nya akan sebesar 4
C. VEI-nya akan lebih rendah dari 2
D. VEI-nya akan lebih rendah dari 4
E. VEI-nya akan lebih tinggi dari 4

Jawaban dan Pembahasan
1. Jawaban : B. Bintang mati yang meledak mengakibatkan lubang hitam kehilangan banyak massa.
Pembahasan : Kalimat ketiga paragraf 1, “Pasalnya, lubang hitam stellar yang terbentuk setelah bintang mati, kehilangan banyak massa ketika bintang yang mati meledak.”

2. Jawaban : A. Kemungkinan terdapat lubang hitam stellar berukuran sama dengan massa Matahari.
Pembahasan : Kalimat kedua paragraf 1, “Dilansir dari CNN dan Space.com; lubang hitam stellar seharusnya tidak bisa lebih besar dari 25 kali lipat massa Matahari.” 
Karena seharusnya tidak bisa lebih besar dari 25 kali lipat massa matahari, artinya ada kemungkinan lubang hitam stellar berukuran sama dengan massa matahari. Pilihan yang lain tidak benar tentang lubang hitam stellar.

3. Jawaban : B. Terbentuk bukan hanya akibat runtuhnya satu bintang saja.
Pembahasan : Kalimat pertama paragraf 2, “Menurut Liu dan tim, ukuran raksasa LB-1 mungkin karena ia terbentuk bukan hanya akibat keruntuhan satu bintang saja, melainkan dua lubang hitam lebih kecil yang saling mengorbit”

4. Jawaban : E. Tahap terakhir dari bintang mati yang meledak melepaskan material yang kemudian jatuh kembali ke supernova.
Pembahasan : Kalimat ke-2 sampai ke-3 paragraf 2, “Kemungkinan lainnya, lubang hitam ini terbentuk akibat fenomena yang disebut "fallback supernova". Ini merupakan fenomena di mana sebuah supernova (tahap terakhir dari bintang yang meledak) melepaskan material yang
kemudian jatuh kembali ke supernova dan menciptakan lubang hitam”

5. Jawaban : B. Jarak kalkulasi
Pembahasan : Kalimat keenam paragraf 2, “Selain itu, ada kemungkinan para ahli salah mengkalkulasikan massanya. Liu dan timnya mengakui bahwa massa sebuah lubang hitam bergantung pada jarak yang dikalkulasikan.”

6. Jawaban : A. Total energi yang dipancarkan benda langit
Pembahasan : Menurut KBBI, kata luminositas memiliki arti total energi yang dipancarkan oleh benda langit seperti matahari dan bintang.

7. Jawaban : D. Fenemona fallback supernova sudah sering terjadi dalam proses pembentukan lubang hitam stellar akibat ledakan bintang.
Pembahasan : Kalimat ke-4 sampai ke-5 paragraf 2, “Secara teori, fallback supernova memang bisa terjadi. Namun hingga kini, para ahli belum dapat membuktikannya.” 
Artinya fenomena fallback supernova masih jarang sekali terjadi meskipun ada potensi untuk terjadi.

8. Jawaban : C. Wallace adalah naturalis pertama yang mengeksplorasi seluruh wilayah Papua.
Pembahasan : Kalimat kelima paragraf 1, “Bahkan, dari buku tersebut dapat diketahui bahwa Wallace adalah seorang naturalis pertama yang sampai ke Papua, sekalipun hanya singgah di pinggiran pulau Papua.”

9. Jawaban : E. Bentang Alam
Pembahasan : Kalimat terakhir paragraf 1, “Wallace menceritakan semua penemuannya tentang biodiversitas atau keanekaragaman hayati di Nusantara, serta budaya, bahasa, serta peta perpindahan manusia purba di Nusantara.”

10. Jawaban : C. Ada pemotongan sehingga salah makna.
Pembahasan : Kalimat ke-3 sampai ke-4 paragraf 1, “Namun, hasilnya terkesan terburu-buru dan kurang sesuai aslinya. Saya pernah membeli buku terjemahannya di daerah Sumatera, waktu itu harganya murah, tapi pas saya baca isinya itu tidak sesuai dengan apa yang dituliskan Wallace, karena ada yang dipotong jadinya malah salah makna," kata Rizal.”

11. Jawaban : A. Wallace mengirim surat ke Inggris yang dibacakan di depan linear society sebelum buku Darwin terbit.
Pembahasan : Kalimat ke-6 sampai ke-7 paragraf 2, “Padahal, kata dia, teori evolusi Darwin sangat mungkin sekali hadir karena terinspirasi dari karya Wallace. Saat itu Wallace mengirim surat ke Inggris, kemudian dibacakan di depan linear society dan satu tahun kemudian, buku Darwin yang berjudul The Origin of Species yang berisi tentang teori evolusi itu terbit," tutur Rizal.

12. Jawaban : E. Penulis buku The Origin of Species
Pembahasan : Kalimat ketujuh paragraf 2, “Saat itu Wallace mengirim surat ke Inggris, kemudian dibacakan di depan linear society dan satu tahun kemudian, buku Darwin yang berjudul
The Origin of Species yang berisi tentang teori evolusi itu terbit”

13. Jawaban : D. Dinamika kondisi iklim yang ekstrem
Pembahasan : Kalimat terakhir paragraf 2, “Namun hari ini, kata Rizal, justru ironisnya sains di Indonesia seperti tidak punya tempatnya dan saat ini justru terancam karena tidak adanya perangai ilmiah dan tidak menghargai situs-situs sejarah. Terutama dalam bentuk bentang alam yang besar dengan kekayaan flora dan fauna, yang sudah digambarkan oleh Wallace, sekarang digantikan oleh perkebunan yang beraneka macam yang mengancam spesies-spesies.”

14. Jawaban : E. Peta perpindahan manusia purba di Nusantara juga merupakan salah satu cerita Wallace di buku The Malay Archipelago.
Pembahasan : Kalimat terakhir paragraf 1, “Wallace menceritakan semua penemuannya tentang biodiversitas atau keanekaragaman hayati di Nusantara, serta budaya, bahasa, serta peta perpindahan manusia purba di Nusantara.”

15. Jawaban : C. Setiap tahun selalu terjadi kenaikan jumlah pengguna di setiap umur
Pembahasan : Pernyataan yang salah adalah setiap tahun selalu terjadi kenaikan jumlah pengguna di setiap umur karena dari tahun 2006 ke 2007 terjadi penurunan jumlah pengguna untuk usia 20-24 tahun yang awalnya 8.383 menjadi 8.275.

16. Jawaban : E. 52.3%
Pembahasan : Besarnya kenaikan jumlah pengguna, 8.383 − 5.503 = 2.800
Sehingga persentasenya adalah, P = 2800/5503.100% ≈ 2800/5600.100% = 50%
Jika dihitung secara pasti adalah 52.3%.

17. Jawaban : E. Pekerja kantoran
Pembahasan : Kenaikan jumlah pengguna terbesar untuk tahun 2007 adalah untuk rentang usia 25-29 tahun yakni sebesar 1.173. Kelompok yang sesuai untuk rentang usia 25-29 tahun adalah pekerja kantoran.

18. Jawaban : C. 1930 dan 1961
Pembahasan : Nilai VEI kedua tertinggi adalah 3 yang terjadi pada tahun 1930 dan 1961.

19. Jawaban : E. VEI tahun 1920 lebih rendah dari 1949
Pembahasan : Pernyataan yang tidak sesuai adalah VEI tahun 1920 lebih rendah dari tahun 1949 karena seharusnya VEI di kedua tahun tersebut adalah sama, yakni 2.

20. Jawaban : D. VEI-nya akan lebih rendah dari 4
Pembahasan : Setiap terjadi kenaikan VEI maka akan selalu diikuti dengan penuruna VEI di letusan berikutnya. Hal tersebut ditunjukkan pada tahun 1925-1930, 1954-1956 dan 1957-1961. Karena pada tahun 2001-2010 terjadi kenaikan VEI maka letusan setelah tahun 2010 kemungkinan VEI akan lebih rendah dari 4.

Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet