Proses Penyebaran Islam Di Indonesia

Masuknya islam di Indonesia masih tidak jelas karena ada kesimpangsiuran dari proses masuknya islam di Indonesia. Namun kita bisa memperkirakan kapan
Proses Penyebaran Islam Di Indonesia

Proses masuk dan penyebaran Islam di Indonesia

Masuknya islam di Nusantara menjadi periode yang sangat penting dalam sejarah nasional Indonesia, mengapa? karena islam memberi perubahan yang berarti dalam periode sejarah Indonesia dan menjadi fondasi awal dari konsep Indonesia. Namun proses masuknya islam di Indonesia masih tidak jelas karena ada kesimpangsiuran dari proses masuknya islam di Indonesia, seperti kapan islam benar-benar mulai masuk ke Indonesia. Namun kita bisa memperkirakan kapan masuknya Indonesia lewat beberapa bukti yang berikut ini.


1. Makam Fatimah binti Maimun

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, makam ini ditemukan di Leran Gresik. Pada Batu nisan tertulis nama Fatimah binti Maimun dengan angka/tahun 1082M. dengan demikian bisa jadi bahwa islam telah masuk ke Indonesia sejak pada abad ke-11

2. Makam Sultan Malik As Saleh

Sultan Malik As Saleh adalah seorang sultan dari Samudra Pasai yang pada makamnya tertulis angka 1297M. Bukti ini menunjukkan bahwa islam telah masuk di Indonesia terutama di daerah Aceh pada abad ke-13. Namun, bisa juga islam telah jauh hadir sebelum sultan memeluk agama Islam.

3. Kronik Marco Polo

Pada tahun 1092 M, seorang penjelajah dari Italia, Marco Polo, singgah di daerah Kesultanan Perlak Aceh Utara. Ia mengatakan bahwa pada abad ke-11, Islam juga telah berkembang di Sumatra bagian utara serta di wilayah Jawa.

4. Kronik Ibnu Battutah

Ibnu Battutah mengunjungi Kesultanan Samudra Pasai pada tahun 1345 M. Berdasarkan penemuan para arkeologis, pada saat itu Sultan Samudra Pasai sangat baik terhadap ulama dan rakyatnya, bukti yang telah di dapat menggambarkan bahwa Kesultanan Samudra Pasai merupakan kesultanan yang sangat maju. Di sana, Ibnu Battutah bertemu dengan para pedagang dari Tiongkok, India, dan Jawa.

5. Teori Gujarat

Teori ini mengemukakan bahwa islam masuk ke Indonesia berasal dari Gujarat, India. Teori ini memperkirakan islam masuk pada abad ke-7/13 melalui perdagangan yang terjalin antara masyarakat Nusantara dengan pedagang dari Gujarat,India.

6. Teori Arab

Teori ini menyatakan bahwa islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M dan dibawa oleh orang-orang arab yang memiliki semangat untuk menyebarkan agama Islam ke seluruh dunia.

7. Teori Persia

Teori ini dicetus oleh Umar Amir Husen dan Hoesein Djajadiningrat yang mengatakan bahwa islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7dan islam dibawa oleh kaum syiah yang berasal dari Persia. Apa buktinya? ada kesamaan budaya seperti peringatan Asyura dan Tabut, kesamaan ajaran sufi, kesamaan seni kaligrafi pada batu nisan, serta penggunnaan tanda baca persia untuk mengeja huruf yang ada dalam Al-Quran.

8. Teori China

Teori ini dicetuskan oleh Slamet Mulyana dan Sumanto Al Qurtuby menyatakan bahwa islam masuk ke Indonesia karena dibawa oleh para perantau Muslim dari Tiongkok yang datang ke Nusantara. Beberapa bukti yang menguatkan teori ini adalah adanya masjid tua yang memiliki arsitektur khas Tiongkok di Jawa, Raden Patah yang berasal dari keturunan Tiongkok dan terdapat penulisan nama sultan-sultan demak yang ditulis menggunakan istilah Tiongkok. Masuknya agama Islam di Indonesia secara perlahan meruntuhkan dominasi agama Hindu-Budha. Berikut ini adalah saluran masukknya islam di Indonesia

  1. Melalui Perdagangan
  2. Perkawinan
  3. Tasawuf
  4. Pendidikan
  5. Kesenian Politik
Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet