Definisi, Skill, Tugas dan Tanggung Jawab Seorang UX Writer

UX Writer? Apa bedanya dengan Copywriter? Kemudian apa tugas dan skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang UX Writer? Yuk, Simak artikel berikut ini
UX Writer, sebuah profesi kekinian di era serba digital

UX Writer untuk sebagian orang memang terdengar asing, namun dengan seiring perkembangan teknologi, profesi sebagai UX Writer perlahan-lahan mulai banyak dibutuhkan. Lantas, apa sih sebenarnya profesi UX Writer? Skill apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang UX Writer? Nah, untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut, Yuk kita simak artikel ini hingga selesai.

Apa itu UX Writer?

UX Writer adalah suatu profesi yang bertugas menulis/Copywriting terhadap produk (aplikasi, website dsb) yang dikembangkan. Sebenarnya peran dan tugas ini tidak jauh beda dengan Copywriter, namun yang membedakan antara UX Writer dengan Copywriter diantaranya ialah:

  1. Seorang UX Writer bertugas membuat microcopy sedangkan copywriter bertugas membuat tulisan/teks yang lebih panjang seperti misalnya saat kita mengekspresikan/menuliskan sebuah ide.
  2. UX Writer perlu berkolaborasi dengan tim lain, seperti UX Designer, UI Designer dan tim-tim pengembang lainnya. Sedangkan Copywriter tidak memerlukan banyak komunikasi dengan tim lain.
  3. UX Writer membantu menciptakan sebuah produk dan membangun User Interface dengan tim UI Designer demi mendapatkan interface yang mudah dipahami dan informatif. Sementara itu, Copywriter membantu tim marketing untuk menjual produk yang sudah jadi.

Tugas dan Tanggung Jawab UX Writer

Tugas dan tanggung jawab seorang UX Writer diantaranya ialah

  1. Melakukan riset pengguna bersama dengan UX Researcher
  2. Riset produk kompetitor
  3. Ikut serta dalam pembuatan strategi pengembangan produk
  4. Membuat copy bersama tim desain yang lain.
  5. Melakukan usability testing dan membuat laporan dari hasil test tersebut.

Skill UX Writer

Nah, untuk menjadi seorang UX Writer, tentu kita harus mempunyai skill yang relevan dengan profesi tersebut. Apa saja skillnya? berikut beberapa skill yang dibutuhkan seorang UX Writer.

  1. Seorang UX Writer diwajibkan dapat menulis copy, mengerti penggunaan tata bahasa yang baik dan benar kemudian harus bisa menyesuaikan dengan gaya tulisan yang digemari oleh pengguna, entah itu menggunakan bahasa gaul, santai dan lain sebagainya, sehingga pengguna akan tertarik dengan produk tersebut.
  2. Memahami desain produk dan tujuan produk untuk pengguna dan perusahaan.
  3. Dapat melakukan riset yang mendalam untuk mengetahui kebutuhan pengguna
  4. Terampil dalam berkomunikasi dan minimal pernah menulis komponen user experience (UX) baik produk aplikasi ataupun website.
  5. Kemampuan dalam memecahkan sebuah masalah (problem solving)
  6. UX Writer harus melek akan teknologi (digital savvy) atau biasa disebut tidak gaptek.

Jadi itulah sedikit penjelasan terkait UX Writer dan skill yang harus dimiliki. Bagaimana? apakah kalian mulai tertarik dengan profesi UX Writer? 

Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet