Berikut Rekomendasi Buku Yang Wajib Kamu Miliki Untuk Memperlajari UX Writing

Apa saja rekomendasi buku UX Writer yang dapat kamu baca? Yuk langsung disimak daftar buku dibawah ini.
Rekomendasi Buku UX Writing Bagi Pemula

Bicara soal UX Writer, tidak bisa dipungkiri bahwa UX Writer sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk menjadi jembatan antara aplikasi dengan pengguna. Seorang UX Writer berperan penting dalam menyusun dan membuat deskripsi yang nantinya akan dimuat dalam sebuah produk, yakni aplikasi. Untuk menjadi seorang UX Writer secara profesional, tentu kamu memerlukan referensi, salah satunya adalah buku.

Nah, ngomong-ngomong tentang buku, kali ini saya akan membahas beberapa buku yang dapat digunakan untuk mengasah skill seorang UX Writer, khususnya bagi pemula. Apa saja rekomendasi buku UX Writer yang dapat kamu baca? Yuk langsung disimak daftar buku dibawah ini.

1. Everybody Writes

Everybody Writes
Sumber gambar: Amazon.com

Buku dengan judul Everybody Writes yang ditulis oleh Ann Handley yang berprofesi sebagai Chief Content Officer. Buku Everybody Writes ini ditujukan kepada orang yang ingin mempelajari bagaimana cara menulis dengan baik. Kenapa buku ini cocok sebagai referensi untuk seorang UX Writer? Alasannya karena buku ini fokus pada penggunaan tata bahasa mudah dipahami banyak orang, gaya penyampaian yang menyenangkan dan berisi ajakan/bertindak (call to action). Dengan buku ini kamu dapat mempelajari bagaimana cara untuk menarik pengguna untuk menggunakan produk yang ditawarkan.

2. Strategic Writing for UX

Strategic Writing for UX
Sumber gambar: Amazon.com

Buku Strategic of Writing ini ditulis oleh senior UX Writer Google yag bernama Torrey Podmajersky. Dalam buku ini kamu bisa mempelajari berbagai tips ketika membangun sebuah user experience. Selain itu, buku ini efektif untuk membantu kamu menulis sebuah strategi terkait user experience yang mencakup topik audiens, sasaran, struktur dan nada. Kemudian kamu juga akan menemukan metode yang digunakan untuk mengukur efektivitas dari UX yang telah dibuat.

3. Laws of UX 

Laws of UX
Sumber gambar: Amazon.com

Laws of UX karya Jon Yablonski ini berbicara terkait psikologi dalam membuat sebuah konten UX Copy. Sang penulis membahas perilaku dan interaksi seorang pengguna terhadap desain interface/antarmuka. Kemudian buku ini juga memberikan sebuah tips bagaimana desain yang unik dan kreatif yang dibuat dari hasil memahami interaksi seorang pengguna.

4. Writing is Designing

Writing is Designing
Sumber gambar: Rosenfeldmedia.com

Buku dengan judul Writing is Designing ini ditulis oleh Michael J. Metts dan Andy Wefle. Michael J. Metts sendiri merupakan orang yang berpengalaman dibidang User Experience sedangkan rekannya Andy Wefle merupakan seorang ahli dibidang Content Strategy. Buku ini berisikan banyak informasi yang berkaitan dengan UX Writing dan juga menyertakan contohnya. Dengan begitu, orang yang membaca buku ini akan dapat dengan mudah memahami UX Copy dan bisa dibilang menjadi referensi yang sangat bagus, terutama bagi pemula yang terkadang masih kebingungan ketika membuat UX Copy. 

5. Designing for Behavior Change

Designing for Behavior Change
Sumber gambar: Amazon.com

Buku Designing karya Stephen Wendel dapat kamu jadikan referensi belajar berbagai cara untuk membantu pengguna dan merancang perubahan perilaku. Buku ini memiliki tiga fokus strategi, yang pertama adalah mengubah perilaku, yang kedua mengenali perilaku yang ingin diubah dan yang ketiga membuat desain yang efektif.

Jadi itulah beberapa rekomendasi buku yang dapat kamu baca dan dipelajari untuk mengetahui UX Writing lebih dalam. Semoga bermanfaat.

Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet