Jenis-jenis Metode User Research Dalam Desain UI/UX

Metode user research dalam pembuatan desain UI/UX
Metode user research dalam UI/UX Design

User research dalam pembuatan desain UI/UX sangatlah penting dilakukan untuk dapat memahami kebutuhan dari user/pengguna itu sendiri. Dalam melakukan User Research, terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya satu persatu dari metode yang biasa digunakan oleh para designer.

Apa itu User Research?

Secara arti, user mempunyai arti pengguna sedangkan research adalah riset. Jadi User Research adalah sebuah proses pengumpulan data dari para user/pengguna yang nantinya akan diproses menjadi sebuah informasi.

Metode User Research

Metode User Research yang biasa digunakan dalam pengembangan produk aplikasi diantaranya sebagai berikut.

1. Attidunial Research

Metode Attidunial Research dapat dilakukan dengan dua cara, yang pertama dapat dilakukan dengan interview dan yang kedua dapat dilakukan dengan survei. Saat menggunakan interview, kita bisa langsung berinteraksi dengan user dan melakukan tanya jawab. Selain itu kita juga dapat melihat faktor yang bisa memuaskan user tersebut. Sedangkan survei dilakukan dengan menghimpun serta menganalisis informasi dari jumlah data yang besar (kuantitatif). Beberapa informasi tersebut biasanya berkaitan dengan persepsi, karakteristik, perasaaan dan tindakan.

2. Behavioral Research

Behavioral Research dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apa yang user lakukan di aplikasi tersebut. Hasil dari metode ini adalah kriteria aplikasi yang cocok bagi user dan sesuai dengan permasalahan yang dihadapinya. Behavioral Research dapat dilakukan dengan dua cara, yakni Field Observation dan A/B Testing. Field Observation dilakukan dengan cara mengobservasi aktivitas sehari-hari user dengan tujuan aplikasi yang dibangun akan relevan dengan mereka. Pada cara A/B Testing, kita dapat meminta ke user untuk mencoba dan memutuskan pilihan.

3. Quantitative Research

Metode Quantitative Research ini dapat dilakukan dengan menggunakan A/B Testing dan cocok dengan seorang researcher yang menyukai data. Misalnya ketika designer ingin melihat persentase seorang user ketika mengklik sebuah tombol pesan sekarang, researcher akan mampu menunjukkan hasil tersebut. Sebagai alternatif, kita juga bisa menggunakan analytics.

4. Qualitative Research

Qualitative Research merupakan metode yang bertujuan untuk memahami pola pikir dan tindakan user terhadap aplikasi. Dalam melakukan riset kualitatif, dapat dilakukan dengan cara diary studies dan usability testing. Diary studies merupakan metode untuk memahami user secara mendalam dan merekam detail kesehariannya, dengan tujuan melihat lingkungan dan kebiasaan pengguna. Sedangkan dalam usability testing, pengguna bisa langsung menjalankan beberapa task yang telah diberikan dan mencobanya pada aplikasi, tentu hal tersebut didampingi oleh researcher itu sendiri. Tujuan dilakukannya Usability Testing ialah untuk mengetahui bug/celah yang ada pada aplikasi dan nantinya akan dilakukan perbaikan.

5. Mixed Method

Mixed Method merupakan gabungan dari riset kualitatif dan kuantitatif. Metode ini diterapkan dengan tujuan mengetahui masalah utama dari user dan mengetahui secara pasti ada berapa orang yang mengalami permasalahan yang sama.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa semua metode memiliki tujuan yang sama, yakni menyelesaikan permasalahan user dan mengembangkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan user.

Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet