Rangkuman Bahasa Inggris Materi Specific Information

Rangkuman materi dan tips mengerjakan soal bahasa inggris dengan jenis soal specific information
Rangkuman Materi Bahasa Inggris Specific Information

Specific Information

Teks dapat memberimu banyak sekali informasi. Sebagai contoh sebuah teks tentang penemuan fosil, sejumlah informasi mengenai fosil dapat diberikan melalui teks tersebut. Informasinya dapat berupa
kapan, di mana atau oleh siapa fosil tersebut ditemukan, fosil makhluk hidup apa, fosil dari tahun
berapa, dan masih banyak lainnya. Informasi tersebut merupakan salah satu contoh informasi spesifik dalam teks.

Dalam ujian saringan masuk perguruan tinggi, tidak jarang muncul soal yang menguji kemampuanmu mencari informasi spesifik (specific information) dalam teks. Pertanyaan tentang specific information akan menanyakan hal yang tersirat atau tersurat mengenai informasi pada teks. Soal mungkin menggunakan kata yang sama dengan kata yang ada pada teks atau terkadang menggunakan sinonim atau restatement (pengungkapan makna dengan kata-katalain). Hal ini juga berlaku untuk kata-kata pada pilihan jawaban.

Pertanyaan pada soal tentang specific information biasanya menggunakan salah satu kata tanya terkait 5W+H. Sebagai contoh adalah teks tentang artificial intelligence in medical fields. Pertanyaan tentang specific information mengenai teks tersebut bisa mencakup hal-hal berikut.

  1. What are the benefits of artificial intelligence?
  2. Where is the latest artificial intelligence used?
  3. When did the project to develop artificial intelligence start?
  4. Who initiated the idea of devising artificial intelligence in a hospital?
  5. Why does artificial intelligence need a lot of improvement?

Perlu dipahami bahwa soal ini biasanya membutuhkan ketelitian dalam membaca. Pada umumnya, semua pilihan jawaban akan sesuai dengan kata tanya pada soal. Sebagai contoh, soal “Where was Thomas Alfa Edison born?” maka semua pilihan jawaban biasanya akan menunjukkan nama lokasi. Kamu harus bisa langsung berfokus pada informasi lain yang diperlukan untuk mencari jawabannya, yaitu tempat kelahiran Thomas Alfa Edison. Berikut ini adalah cara mencari jawaban mengenai soal yang menanyakan specific information.

Langkah Mengerjakan Jenis Soal Specific Information

1. Menentukan kata/frasa kunci
Kata/frasa kunci yang dimaksud dalam hal ini adalah informasi utama yang ditanyakan soal. Kamu harus terampil memilih frasa atau kata kunci yang sesuai dari kalimat soal lalu mencari informasi tentang kata atau frasa kunci tersebut di dalam teks. Bagaimana cara menentukan kata atau frasa kunci yang efektif? Berikut penjelasannya.

  • Pilih kata atau frasa yang menjadi informasi utama pada pertanyaan soal
    Kata atau frasa kunci dari pertanyaan sebaiknya bukanlah kata tanya, auxiliary, article, dan preposition. Perhatikan contoh kalimat soal berikut.
    When does the spectacular art performance start?
    Pada pertanyaan itu, jangan jadikan kata tanya: when, auxiliary: does, dan article: the sebagai kata kunci. Kata atau frasa yang bisa dijadikan kata atau frasa kunci dari soal tersebut adalah spectacular art performance dan start. Kedua frasa dan kata kunci tersebut merupakan inti pertanyaan yang ditanyakan soal. Kamu dapat mencari informasi mengenai frasa dan kata kunci tersebut di dalam teks.
  • Perhatikan kata atau frasa benda (noun) dan kata kerja (verb)
    Biasanya yang bisa dijadikan kata atau frasa kunci adalah kata/frasa benda atau kata/frasa kerja.
  • Perhatikan angka
    Dalam beberapa soal, kamu perlu memperhatikan angka yang ada pada kalimatnya. Kamu harus pastikan apakah angka yang ditanyakan pada soal sesuai dengan angka pada teks. Variasi pertanyaan yang terkait angka bisa dalam bentuk jangkauan atau menggunakan penjelas ‘kurang dari (less than)’ atau ‘lebih dari (more than)’.

2. Lakukan Scanning
Setelah menentukan kata atau frasa kunci yang sesuai, kamu harus menemukan informasi mengenai
kata/frasa kunci tersebut di dalam teks. Untuk menghemat waktu pengerjaan soal, kamu tidak perlu
membaca keseluruhan teks dengan detail untuk mendapatkan informasi mengenai kata atau frasa
kunci. Kamu cukup melakukan scanning. Scanning artinya membaca teks secara cepat untuk mencari
kata atau frasa tertentu di dalamnya. Tujuan scanning hanyalah mencari informasi yang diperlukan saja, yaitu informasi mengenai kata kunci.

3. Pahami sinonim kata atau frasa kunci
Jika ketika scanning kamu tidak menemukan kata atau frasa kunci di dalam teks, kamu juga perlu paham bahwa kata atau frasa kunci yang sudah ditentukan tidak selalu dinyatakan dengan kata atau frasa yang sama persis pada teks. Ingat bahwa kebanyakan kata atau frasa memiliki sinonim. Oleh karena itu, kamu juga perlu tahu sinonim dari kata/frasa kunci tersebut. Kamu tentu bisa mengetahui sinonim sebuah kata dengan banyak membaca. Jika terkadang masih saja ada kata-kata yang belum pernah kamu dengar, yang perlu kamu lakukan adalah memperhatikan kata-kata lain pada kalimat yang sama. Cara ini bisa membantumu menebak makna kalimat secara keseluruhan. Jadi, kamu bisa menemukan kata atau frasa kunci yang dimaksud.

4. Bandingkan informasi pada teks dan pilihan jawaban 
Setelah kamu menemukan informasi yang kamu cari di dalam teks, kamu harus membandingkan apakah informasi yang kamu dapatkan dengan pernyataan pada pilihan jawaban. Pilih pilihan jawaban yang mengandung informasi yang sama dengan informasi pada teks.

Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet