Materi Bahasa Inggris: Purpose Of The Text

Rangkuman materi bahasa inggris dengan topik pembahasan purpose of the text
materi bahasa inggris purpose of the text

Purpose Of The Text

Dalam menulis sebuah teks, penulis pasti memiliki alasan mengapa ia memutuskan untuk menulis teks
tertentu. Alasan inilah yang merupakan tujuan penulisan teks. Tujuan penulisan teks tidak secara tersurat dituliskan di dalam teks. Penulis sangat jarang secara jelas mengemukakan alasan mengapa ia menulis suatu teks di dalam tulisannya. Oleh karena itu, sebagai pembaca, kamu harus mampu menganalisis tujuan penulisan teks dari susunan informasi yang disampaikan, struktur penulisan, dan tidak jarang dari jenis teksnya.

Setiap paragraf yang disusun dalam sebuah teks memiliki tujuan tertentu mengapa disampaikan di bagian awal, tengah, atau akhir. Organisasi teks itu dibuat tidak lain untuk menyampaikan pesan kepada pembaca mengenai apa yang menjadi perhatian penulis. Dengan demikian, salah satu cara untuk mengetahui tujuan penulis adalah dengan memahami susunan informasi utama dari setiap paragraf.

Selain memahami informasi utama dari setiap paragraf, sering kali tujuan ditulisnya sebuah teks dapat diperhatikan dari jenis teksnya. Jenis teks digunakan agar teks bisa dipahami dengan baik dan lebih mudah oleh para pembaca. Pembaca bisa mengantisipasi informasi yang akan muncul dalam sebuah teks atau menemukan dengan mudah informasi yang dibutuhkan. Jenis teks bisa dikenali salah satunya dari kata-kata penanda (signal words) yang muncul di dalamnya. Agar kamu bisa mengetahui tujuan teks, kamu harus tahu terlebih dahulu memahami jenis-jenis teks yang sering dipakai.

Tujuan Teks Berdasarkan Jenis Teks

Ada beberapa jenis teks yang sering dipakai penulis. Kamu pasti sudah mempelajarinya selama belajar di sekolah menengah. Jenis-jenis teks yang umum digunakan di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Exposition text
Jenis teks ini bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar memiliki pemikiran yang sama
(analytical exposition) atau untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu (hortatory exposition). Pada jenis teks ini, penulis cenderung menekankan sisi positif saja atau
sisi negatif saja dari suatu hal yang dibahas Signal words or phrases: better, good, bad, worse, etc.

2. Explanation text
Jenis teks ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bagaimana suatu hal terjadi. Dalam menjelaskan hal
tersebut, penulis akan menuliskan serangkaian prosesnya secara kronologis atau urut.
Signal words or phrases: first, second, initially, lastly, at the end, in the past, nowadays, etc.

3. Discussion text
Jenis teks ini bertujuan untuk mendiskusikan sebuah topik dengan menguraikannya dari dua sudut pandang. Jenis teks ini biasanya membahas tentang argumen pro dan kontra terhadap topik.
Signal words or phrases: but, different from, view, on the contrary, etc.

4. Report and descriptive text
Jenis teks ini bertujuan untuk menguraikan pemahaman atau deskripsi tentang suatu benda.
Kedua jenis teks ini berisi uraian rinci tentang topik yang dibahas. Pada teks report, yang dijelaskan merupakan sesuatu hal yang umum sementara pada teks descriptive, hal yang dijelaskan cenderung lebih spesifik. Namun demikian, keduanya memberikan deskripsi mengenai suatu hal.
Signal words or phrases: for example, for instance, kata kerja bantu atau hubung (is, am, are), etc.

Beberapa contoh pertanyaan yang dipakai untuk menanyakan tujuan dari sebuah teks antara lain adalah sebagai berikut.

  • The purpose of the passage is ....
  • The author writes the passage to ….
  • Through the passage, the author attempts to ....
  • The following sentences illustrate similar purpose to the passage, except ....
Adapun langkah-langkah penyelesaian soal untuk menentukan tujuan dari sebuah teks sebagai berikut.

1. Lakukan skimming 
Baca secara cepat tiap paragraf untuk mengetahui isi teks secara umum. Dari skimming ini, kamu jua bisa dengan cepat memahami informasi utama apa yang disampaikan pada setiap paragraf dan mengetahui apakah ada thesis statement pada teks.

2. Pahami pernyataan tesis 
Pernyataan tesis atau thesis statement adalah sebuah kalimat atau pertanyaan yang menyatakan tentang apa yang dibahas secara rinci dalam sebuah teks. Dengan memahami pernyataan tesis, kamu bisa dengan mudah menentukan tujuan dari sebuah teks. Pernyataan tesis biasanya ada di akhir paragraf pertama. Namun demikian, tidak semua teks dalam ujian saringan masuk perguruan tinggi mencantumkan pernyataan tesis. Apabila ada, gunakan pernyataan ini sebagai acuan untuk membantumu menentukan tujuan teks.

3. Tentukan ide pokok tiap paragraf 
Dengan melakukan skimming pada setiap paragraf, kamu dapat menemukan ide pokoknya. Ide pokok biasanya terdapat pada kalimat awal, tengah, atau terakhir dalam sebuah paragraf. Ide pokok mengungkapkan secara umum apa yang dibahas dalam sebuah paragraf. Kalimat-kalimat lain dalam paragraf adalah kalimat pendukung yang berguna untuk menguraikan ide pokok tersebut dengan rinci.

4. Tentukan tujuan dari teks
Setelah menentukan ide pokok pada tiap paragraf, tentukan tujuan teks dengan mempertimbangkan
hubungan ide antar ide pokok. Pertimbangkan juga signal words or phrases yang muncul dalam teks
tersebut untuk menentukan hubungan ini. Dari hubungan tersebut, kamu bisa ketahui jenis teksnya
dan juga tujuan dari teksnya.
Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet