6 Tips SEO Yang Dapat Meningkatkan Traffic Pengunjung Website

6 Tips SEO yang dapat meningkatkan traffic pengunjung website, sangat mudah dan dapat langsung diterapkan.
6 Tips SEO Yang Dapat Meningkatkan Traffic Pengunjung Website

SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari search engine ke alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma dari search engine tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan alamat sebuah situs web pada posisi pertama, atau setidaknya halaman awal, hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat sebuah situs web yang menempati peringkat pertama berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. 

Berikut ini merupakan 6 tips SEO yang dapat diterapkan langsung oleh pemula.

1. Menggunakan Keyword/kata kunci pada judul dan deskripsi

Menggunakan keyword yang tepat pada judul dan deskripsi artikel merupakan suatu hal yang sangat penting. Kata kunci tersebut akan sangat membantu mesin pencari (google) dalam memahami isi dari artikel yang sudah kamu buat. Keyword yang tepat juga membantu pengunjung menemukan artikel kamu saat mereka mencari informasi yang relevan di internet. Mesin pencari menggunakan algoritma yang rumit untuk menentukan ranking dari hasil pencarian. Terdapat beberapa faktor yang dipertimbangkan oleh mesin pencari diantaranya ialah seberapa sering keyword muncul pada judul, deskripsi dan isi dari artikel yang telah dibuat. Jadi penggunaan keyword yang tepat akan dapat meningkatkan ranking website.

2. Menggunkan subjudul atau heading tags H1, H2, dsb

Menggunakan subjudul atau heading tags H1, H2, dll.) sangatlah disarankan, karena dengan adanya heading tags mesin pencari akan dapat memahami struktur dari artikel didalamnya. Heading tags akan mengelompokkan teks ke dalam tingkatan hierarki yang mana H1 menunjukkan judul utama dan H2 menunjukkan subjudul dan seterusnya. Kemudian, heading tags juga dapat membantu pengunjung untuk mengetahui isi dari bagian tertentu dari artikel, sehingga lebih mudah untuk memahami konten secara keseluruhan. Jadi dengan menggunakan heading tags, pengunjung akan lebih mudah dalam membaca artikel dan tentunya dapat meningkatkan SEO website kamu.

3. Kecepatan loading halaman

Banyak dari pengunjung yang tidak suka/tidak sabaran jika terdapat website yang kecepatan loading halamannya cukup lama/lambat, kebanyakan dari mereka akan mengurungkan niat untuk membuka dan menutup/meninggalkan halaman website sebelum halaman tersebut selesai dimuat. Hal Ini akan dapat mengurangi tingkat konversi dan menurunkan ranking website di hasil pencarian mesin pencari. Mesin pencari akan menganggap kecepatan loading halaman menjadi salah satu faktor penting dalam penentuan ranking. Website yang dapat memuat halaman lebih cepat akan dianggap lebih baik oleh mesin pencari, sehingga website tersebut akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi didalam hasil pencarian.

4. Membuat artikel yang informatif, bermanfaat dan berkualitas

Membuat artikel yang informatif, bermanfaat dan berkualitas sangatlah penting untuk SEO. Mesin pencari lebih suka dengan artikel yang dapat memenuhi kebutuhan pengunjung. Artikel yang berkualitas akan mempunyai engagement yang tinggi dan dapat meningkatkan durasi waktu yang dihabiskan oleh pengunjung ketika berada dalam website yang kamu miliki. Website yang menyediakan artikel yang berkualitas akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian, sehingga akan dapat lebih mudah ditemukan oleh pengunjung.

5. Backlink ke website lain

Backlink merupakan suatu tautan yang mengarah ke website kamu dari website lain. Secara garis besar, backlink berkualitas memiliki DA tinggi dan industri/niche yang relevan. Semakin banyak website yang memberikan backlink terhadap website yang kamu miliki, maka semakin tinggi tingkat kepercayaan mesin pencari dan hal ini dapat meningkatkan ranking website di hasil pencarian.

6. Menggunakan alt tags pada gambar

Alt tags merupakan teks yang disertakan di dalam kode HTML gambar yang memberikan sebuah informasi tentang gambar tersebut kepada mesin pencari. Mesin pencari akan sangat terbantu dengan adanya alt tags ini karena dapat memahami isi dari gambar dan dapat meningkatkan kemungkinan gambar tersebut akan muncul di hasil pencarian gambar. Tidak hanya itu, alt tags juga bermanfaat bagi pengunjung website yang menggunakan screen reader atau mematikan gambar di browser mereka. 
Sehingga dengan adanya alt tags yang deskriptif dan relevan dengan artikel, mesin pencari akan dengan sangat mudah menemukan website kamu dan tentu traffic pengunjung juga akan meningkat.

Jadi Itulah 6 tips SEO untuk pemula yang bisa langsung diterapkan untuk meningkatkan ranking website kamu di hasil pencarian mesin pencari.
Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet