Perbedaan Metode Waterfall dan Agile

pengertian serta perbedaan dari metode waterfall dan agile
Perbedaan metode waterfall dan agile

Metode Waterfall dan Agile

Waterfall adalah suatu metode pengembangan perangkat lunak yang bersifat sistematis atau berurutan. Pada metode ini cocok digunakan ketika project sudah memiliki ruang lingkup dan persyaratan yang jelas. Agile software development atau yang biasa disebut Agile adalah kumpulan dari metode pengembangan perangkat lunak yang berbasis pada Iterative dan Incremental Model. Ciri-ciri metode agile sendiri ialah perubahan requirement dapat sering dilakukan, desain dan implementasi disusun sesederhana mungkin, lebih cepat rilis dan lain sebagainya.

Baca juga: Waterfall Model, Sebuah Metode Pengembangan Perangkat Lunak Klasik

Perbedaan Metode Waterfall dan Agile

  1. Metode waterfall terkenal sangat terstruktur sementara agile lebih fleksibel
  2. Pada metode waterfall proses pengembangannya terbagi menjadi beberapa fase, sedangkan pada agile siklus hidup pengembangan project menjadi sprint.
  3. Metode waterfall berfokus pada proses internal dan tidak memerlukan partisipasi pengguna, sedangkan agile berfokus pada kepuasan pengguna.
  4. Dalam metode Waterfall, fase pengujian dilakukan setelah fase pengembangan/development. Pada metode Agile pengujian dapat dilakukan secara bersamaan dengan fase pengembangan.
  5. Pada metode waterfall tidak ada ruang untuk melakukan perubahan persyaratan, sehingga pada saat sebelum dimulainya suatu proyek, anda harus mendefinisikan persyaratan/kebutuhan dengan jelas. Sedangkan pada  metode Agile cukup fleksibel dan memungkinkan adanya perubahan dalam persyaratan.
Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet