Soal HOTS Biologi - Evolusi dan Sistem Reproduksi

soal hots disertai pembahasan terkait materi evolusi dan sistem reproduksi.
soal hots utbk

Pada artikel ini saya membagikan 2 butir soal HOTS UTBK disertai pembahasan terkait materi evolusi(pohon filogenetik) pada soal nomor 1 dan sistem reproduksi pada soal nomor 2.

Soal

Perhatikan pohon filogenetik berikut ini:
pohon filogenetik

1. Huruf A,B,C,D dan E menunjukkan spesies yang berbeda. Berikut ini pernyataan yang benar berdasarkan pohon filogenetik di atas adalah…
a. Spesies A, B dan C merupakan kelompok monofiletik
b. Spesies A lebih dulu muncul dari pada spesies E
c. Spesies C lebih mirip dengan spesies B dari pada spesies D
d. Spesies E adalah yang paling primitif dibanding spesies lainnya
e. Apabila dilihat dari titik percabangan 2, spesies A, B, C dan D merupakan polifiletik

Perhatikan grafik siklus menstruasi berikut!
grafik siklus menstruasi

Baca JugaDownload Soal Latihan SAINTEK SBMPTN - HOTS

2. Grafik menunjukkan konsentrasi hormon yang berperan pada saat siklus menstruasi. Manakah pernyataan yang tepat berkaitan dengan grafik siklus menstruasi di atas?
a. Kelenjar hipofisis aktif menghasilkan LH pada fase ovulasi
b. Kandungan LH tinggi namun pengaruhnya menurun ketika terjadi ovulasi
c. Konsentrasi LH akan terus menurun setelah hari ke 28
d. FSH merangsang ovarium menghasilkan progesteron
e. Menstruasi tidak dipengaruhi oleh hormon FSH, karena hormon tersebut rendah konsentrasinya

Sumber soal: cerebrum

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. Jawaban: D. Spesies E adalah yang paling primitif dibanding spesies lainnya

Pembahasan: Pohon filogenetik menunjukan hubungan kekerabatan antar spesies. Semakin berkerabat maka semakin banyak kesamaannya. Kekerabatan dapat dilihat dari munculnya percabangan pada kemunculan spesies. Spesies A dan B, C dan D adalah kerabat paling dekat karena muncul dari percabangan yang sama. Sedangkan spesies E adalah yang paling jauh sehingga memiliki kesamaan yang lebih sedikit. Pohon filogenetik juga menunjukkan garis waktu kemunculan suatu spesies. Spesies E merupakan yang paling awal mucul, karena percabangannya terbentuk di awal (nomor 3). Suatu spesies dikatakan monofiletik apabila anggota kelompoknya berasal dari percabangan yang sama, sedangkan polifiletik ketika spesiesnya berasal dari percabangan yang berbeda.


2. Jawaban: A. Kelenjar hipofisis aktif menghasilkan LH pada fase ovulasi

Pembahasan: Menstruasi merupakan peristiwa luruhnya dinding rahim beserta ovum yang tidak dibuahi. Siklus menstruasi pada seorang wanita berlangsung sekitar 28 hari. Hormon yang terlibat dalam siklus menstruasi ada empat yaitu: FSH, Estrogen, LH dan Progesteron. Siklus menstruasi dapat dibagi menjadi empat fase, meliputi:
• Fase pra ovulasi
Pada fase pra ovulasi (hari 1-14), hipofisis otak akan memproduksi hormon FSH (FSH tinggi). Hormon FSH akan memicu pertumbuhan folikel di ovarium. Saat folikel membesar, maka ovarium akan memproduksi hormon estrogen. Hormon estrogen ini akan memicu oogenesis. Pada saat kadar hormon estrogen terlalu tinggi, maka dapat menghentikan produksi hormon FSH dari hipofisis
• Fase ovulasi
Pada fase ovulasi (hari 14-15), hipofisis otak akan memproduksi hormon LH (LH tinggi). Hormon LH dapat memicu terjadinya ovulasi. Saat ovulasi, folikel akan pecah dan menyisakan badan korpus luteum. Korpus luteum ini akan memproduksi hormon progesteron. Hormon progesteron ini akan memicu penebalan endometrium.
• Fase pasca ovulasi
Pada fase pasca ovulasi, korpus luteum akan berubah menjadi korpus albican. korpus albican ini tidak lagi dapat memproduksi hormon progesteron sehingga kadar hormon progesteron akan terus menurun. Penurunan yang ekstrim akan memicu terjadinya menstruasi
• Fase menstruasi
Pada fase menstruasi, kadar hormon estrogen dan progesteron akan turun secara drastis. Penurunan kadar hormon estrogen dan progesteron ini akan mengakibatkan luruhnya endometrium dan ovum yang tidak dibuahi.

Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet