Pembobolan Kartu ATM/Skimming? Begini Cara Kerjanya dan Pencegahannya

Tindak kejahatan pembobolan kartu atm dengan teknik skimming
Skimming

Pembobolan rekening melalui ATM seringkali terjadi dan telah banyak memakan korban. Salah satu kejahatan yang dilakukan adalah dengan menggunakan teknik skimming. Apa itu teknik skimming? Teknik skimming merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mencuri informasi dengan menyalin data si korban menggunakan alat-alat tertentu, seperti kamera pengintai yang sangat kecil dan skimmer yang diletakkan dekat dengan lubang kartu ATM atau langit-langit tombol untuk memasukkan pin ATM.

Cara Kerja Skimming

Ketika kita memasukkan ATM ke dalam mesin ATM, secara otomatis mesin akan membaca informasi yang ada pada kartu tersebut, karena skimmer terletak pada mulut ATM, maka skimmer ini juga akan membaca sekaligus menyalin data dari kartu yang sudah kita masukkan tadi. Setelah semua data sudah tersalin, pelaku akan mengcopy data tersebut ke kartu magnetic lainnya (kartu bodong), hal ini bisa dikatakan seperti duplicate kartu ATM.

ilustrasi skimming atm

Untuk mengetahui isi pin dari kartu yang sudah tersalin datanya, biasanya pelaku menaruh sebuah spy cam/hidden cam yang sangat kecil dan kamera tersebut diletakkan tidak jauh dari tempat tombol PIN di ATM. Dengan begitu, pelaku sudah mendapatkan 2 data, yakni data informasi ATM (kartu ATM bodong) dan juga PIN dari kartu ATM tersebut. Lantas bagaimana supaya kita terhindar dari kejahatan Skimming? Berikut beberapa cara untuk mencegah terjadinya skimmer.

  1. Menjaga kerahasiaan PIN.
  2. Melihat kondisi mesin ATM itu sendiri, apabila ada kejanggalan/benda asing yang menempel, maka bisa segera dilaporkan ke pihak bank.
  3. Mencari tempat lokasi ATM yang aman.
  4. Jangan dengan mudah meminta bantuan/dibantu orang asing disekitaran ATM.
  5. Lakukan pemblokiran dan laporkan apabila menemukan kejanggalan transaksi. 

Skimming tentu juga memiliki dampak yang buruk, baik dari sisi nasabah maupun dari sisi Bank itu sendiri. Berikut dampak yang dihasilkan dari penggunaan teknik skimming pada pembobolan ATM.

1. Dampak Dari Sisi Nasabah
Dampak yang diperoleh apabila terjadi skimmer pada nasabah adalah pasti akan mengurangi tingkat kepercayaan dan kepuasan nasabah terhadap bank tersebut, karena pastinya si nasabah akan mengalami kerugian dan menimbulkan perspektif buruk terhadap bank tersebut, karena tidak dapat memantau/mengkontrol mesin ATM yang telah disediakan.

2. Dampak Dari Sisi Bank
Dampak yang diperoleh dari bank itu sendiri ialah seperti citra buruk, kurangnya kepuasan dan kepercayaan dari nasabah. Nantinya bank akan mengalami kerugian juga, karena tidak ada lagi nasabah yang menggunakan layanan dari bank tersebut. Hal ini diakibatkan oleh trauma/takut kejadian skimmer yang terjadi pada orang lain akan terjadi pula pada diri sendiri.


Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet