Petunjuk Untuk Menjawab Tipe Soal SBMPTN

Petunjuk khusus untuk menjawab tipe soal sbmptn
tipe soal sbmptn dan cara mengerjakannya

Sebelum mengikuti tes SBMPTN ada beberapa hal yang harus dipersiapkan lho, salah satunya ialah cara menjawab soal dengan tipe yang berbeda. Terdapat 3 tipe soal yang berbeda yakni pilihan ganda, pernyataan sebab dan akibat, lalu yang terakhir ialah benar-salah. Berikut penjelasan dari 3 tipe soal tersebut dan juga cara menjawabnya. 

1. Petunjuk A
Pilih jawaban yang paling benar (A,B,C,D, atau E)
Pada petunjuk A, cara menjawabnya tidak terlalu susah dan saya yakin teman-teman semua tidak asing dan sudah mengerti bagaimana cara menjawabnya.
 
2. Petunjuk B
Soal terdiri atas tiga bagian, yaitu PERNYATAAN, SEBAB dan ALASAN yang disusun secara berurutan.
a. Jika pernyataan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.
b. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.
c. Jika pernyataan benar, alasan salah
d. Jika pernyataan salah, alasan benar
e. Jika pernyataan dan alasan, keduanya salah

Pada petunjuk B ini teman-teman harus paham isi dari pernyataan yang disampaikan dan juga alasannya. Selain itu, teman-teman juga harus mengerti, apakah keduanya mempunyai hubungan sebab akibat. Setelah memahami isi dari soal tersebut, barulah teman-teman bisa menjawab soalnya dengan memilih jawaban yang paling tepat. Petunjuk ini harap untuk dihafalkan (mulai dari a sampai e) supaya mempermudah dalam pengerjaan dan biasanya petunjuk ini tidak terdapat dibawah soal.

3. Petunjuk C
Pilihlah,
a. Jika jawaban (1), (2), dan (3) benar
b. Jika jawaban (1) dan (3) benar
c. Jika jawaban (2) dan (4) benar
d. Jika jawaban (4) saja yang benar
e. Jika semua jawaban benar

Sama halnya dengan petunjuk B, pada saat menemukan tipe soal seperti ini teman-teman harus mengetahui pernyataan tersebut mana saja yang benar dan harus dihafalkan juga.

Kurang lebih seperti itu cara menjawabnya dan memang butuh ketelitian dalam memilih jawaban yang paling tepat. Tetap semangat, perbanyak latihan mengerjakan soal-soal SBMPTN tahun sebelumnya dan semoga teman-teman semua memperoleh hasil yang baik dan diterima di PTN impian.
Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet