Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) Pengetahuan dan Pemahaman Umum beserta Pembahasan

Latihan Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) Materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum 2020.
Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) Pengetahuan dan Pemahaman Umum beserta Pembahasan

Soal TPS Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Bacalah tulisan berikut, kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang tepat di antara pilihan jawaban A, B, C, D, atau E.

Bacaan 1

(1) Air laut tidak hanya air saja. (2) Di dalam air laut ada berbagai zat dan gas. (3) Di antaranya ada oksigen, sodium, nitrogen, kalsium, dan sebagainya. (4) Macam-macam zat dan gas itu berasal dari kerak bumi, dasar laut, makhluk hidup, dan sebagainya. (5) Berbagai zat dan gas itulah yang menimbulkan busa laut. (6) Ketika angin berhembus kencang dan ombak bergelombang, air laut terombang-ambing. (7) Saat itulah aneka zat dan gas di lautan seperti dikocok-kocok. (8) Akibatnya muncul busa -busa di lautan. (9) Busa-busa laut bisa tipis dan sedikit, tetapi bisa super tebal dan banyak. (10) Busa laut super tebal pernah terjadi di beberapa negara, seperti di Australia pada bulan Januari 2013 dan di Skotlandia pada bulan September 2012. (11) Busa laut super tebal biasanya terjadi karena dua hal. (12) Adanya badai besar dana adanya mekar alga. (13) Mekar alga adalah peningkatan jumlah alga yang sangat cepat di perairan. (14) Mekar alga akan mati dan membusuk. (15) ... badai mengocok-ngocok lautan yang berisi mekar alga yang membusuk, terjadilah busa laut yang super tebal dan banyak.

Dikutip dari bobo.grid.id

Soal

1. Pokok pembahasan dari paragraf ketiga adalah ....
A. Terjadinya busa-busa tipis dan sedikit di lautan
B. Mekar alga yang mati dan membusuk di laut
C. Busa tebal dan banyak terjadi di Australia dan Skotlandia
D. Proses terbentuknya busa laut super tebal dan banyak
E. Badai besar menjadi penyebab busa-busa laut muncul

2. Penulisan ejaan yang tidak tepat terdapat pada kalimat ....
A. 1
B. 6
C. 10
D. 13
E. 15

3. Kata yang tepat untuk mengisi bagian yang kosong pada kalimat 15 adalah ....
A. Ketika
B. Semenjak
C. Sebelum
D. Namun
E. Setelah

4. Kalimat 10 menjawab pertanyaan ...
A. Bagaimana proses terjadinya busa laut super tebal dan banyak?
B. Kapan terjadinya proses busa laut tipis dan sedikit serta super tebal dan banyak?
C. Negara mana saja yang pernah mengalami busa laut super tebal dan banyak?
D. Di mana negara yang pernah mengalami busa laut tipis dan sedikit?
E. Mengapa busa laut super tebal dan banyak bisa terjadi di pantai?

Bacalah tulisan berikut, kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang tepat di antara pilihan jawaban A, B, C, D, atau E.

Bacaan 2

(1) Membuat garam dari air laut dilakukan dengan cara menjemur air laut. (2) Sebelum dijemur, air akan diambil menggunakan pompa ke petak-petak kecil. (3) Air laut yang ada di satu petak akan dialirkan lagi ke petak berikutnya. (4) Air laut mengandung banyak zat, salah satunya adalah garam. (5) Supaya tidak bercampur, zat lain di dalam air laut harus dibuang dengan cara diendapkan. (6) Setelah zat lain mengendap, air garam akan dialirkan ke petak lain. (7) Zat lain yang ada di dalam air laut itu banyak, jadi proses pengendapan pun dilakukan berkali-kali. (8) Supaya proses pengendapannya berjalan cepat, petani garam biasanya membuat banyak petak. (9) Di petak paling akhir, air laut sudah mengental dan hanya berisi garam. (10) Jika air laut sudah mengental, air laut akan dikristalkan. (11) Dalam proses pengkristalan ini, air laut akan dijemur berhari-hari. (12) Lama-kelamaan, air akan menguap. (13) Saat air menguap, kandungan garam di dalamnya akan mengristal dan menjadi butiran garam. (14) Butiran garam itulah yang dijual oleh para petani.
Dikutip dari bobo.grid.id

5.Penggunaan konjungsi final terdapat pada kalimat ....
A. 1
B. 3
C. 5
D. 7
E. 9

6. Pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan di atas adalah ...
A. Proses pengendapan air laut dilakukan berkali-kali.
B. Salah satu zat yang terdapat di dalam air laut adalah garam.
C. Air laut akan dijemur untuk membuat garam.
D. Air laut akan mengental di petak terakhir.
E. Air laut akan dijemur sehari dalam proses pengkristalan.

7. Kesalahan penulisan ejaan terdapat pada kalimat ....
A. 13
B. 10
C. 8
D. 4
E. 2

8. Di bawah ini merupakan sinonim dari kata kristal, kecuali ....
A. Silika
B. Kinyang
C. Hablur
D. Cair
E. Balur

Bacalah tulisan berikut, kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang tepat di antara pilihan jawaban A, B, C, D, atau E.

Bacaan 3

(1) Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Harris Iskandar mengatakan bahwa secara umum tingkat buta aksara di Jabar telah di bawah rata-rata nasional, yang masih di angka 1,94 persen. (2) Namun, ia menginginkan pada 2030 tingkat buta aksara di Indonesia dapat ditekan seminimal mungkin. (3) Menurutnya, tingkat buta aksara di Jabar masih termasuk kategori aman karena rata-rata masih di bawah 1 persen. (4) Ia sebutkan daerah tingkat buta aksaranya masih tinggi umumnya berada di wilayah timur Indonesia seperti Papua yang masih di angka 22,8 persen. (5) Tak hanya itu, Harris juga menyebut provinsi NTT, NTB, Sulbar, Sulsel, dan Jatim sebagai daerah yang tingkat buta aksaranya masih tinggi. (6) Ia menjelaskan bahwa umumnya wilayah yang belum tersentuh adalah kawasan perdesaan dan warga yang berasal dari keluarga prasejahtera. (7) Rata-rata dari mereka yang buta aksara adalah mereka yang berusia di atas 45 tahun. (8) Harris mengatakan bahwa Kemendikbud sudah melakukan berbagai program untuk mengentaskan buta aksara, seperti Taman Baca Masyarakat, Kampung Literasi, Desa Vokasi, juga Indonesia Membaca. (9) Kegiatan literasi seperti itu dinilai dapat memberikan sumbangan untuk mengentaskan buta aksara.
Dikutip dari republika.co.id

9. Inti pembahasan pada paragraf ketiga adalah ...
A. Taman Baca Masyarakat digunakan untuk menurunkan angka buta aksara di Indonesia.
B. Kemendikbud sudah melaksanakan solusi untuk menurunkan angka buta aksara.
C. Buta aksara hanya ada di beberapa daerah perdesaan di Indonesia.
D. Kurangnya budaya literasi di Indonesia menyebabkan adanya buta aksara.
E. Desa vokasi merupakan satusatunya program yang dibuat oleh Kemendikbud.

10. Kata itu pada kalimat 5 merujuk pada ....
A. Angka 22,8 persen
B. Tingkat buta aksara tinggi
C. Wilayah Papua
D. Provinsi Jawa Barat
E. Provinsi Jawa Timur

11. Suntingan yang tepat untuk memperbaiki kalimat 4 adalah ...
A. Ia sebutkan daerah yang tingkat buta aksaranya masih tinggi dan umumnya berada di wilayah timur Indonesia seperti Papua yang masih di angka 22,8 persen.
B. Ia mensebutkan daerah tingkat buta aksaranya yang masih tinggi biasanya berada di wilayah timur Indonesia, seperti Papua yang masih di angka 22,8 persen.
C. Ia sebutkan daerah yang tingkat buta aksaranya masih tinggi umumnya berada di wilayah timur Indonesia, seperti Papua yang masih di angka 22,8 persen.
D. Ia menyebutkan daerah tingkat buta aksaranya masih tinggi umumnya di wilayah timur Indonesia seperti Papua yang masih di angka 22,8 persen.
E. Ia menyebutkan bahwa daerah yang tingkat buta aksaranya masih tinggi umumnya berada di wilayah timur Indonesia, seperti Papua yang masih di angka 22,8 persen.

12. Berikut ini merupakan pernyataan yang sesuai dengan bacaan di atas, kecuali ...
A. Tingkat buta aksara di Jawa Barat di bawah rata-rata nasional.
B. Jumlah tingkat buta aksara di wilayah Indonesia timur 22,8 persen.
C. Harris menginginkan pada 2030 angka buta aksara ditekan seminimal mungkin.
D. Hanya provinsi Sulawesi Barat yang angka buta aksaranya masih tinggi.
E. Masyarakat yang buta aksara biasanya berusia di atas 45 tahun.

Text 1

The United States government is composed of three major sections. It is based on the Constitution of the United States of America that was put into effect in May, 1789. The three parts of the U.S. Government are the executive, legislative, and judicial branches. Each branch works independently of the other two, and each has its own responsibilities. This system is in place to ensure that no branch can carry more power than the other. This is called the separation of powers, which was written into the Constitution. The executive branch is the branch that most Americans are familiar with. It includes the president of the United States, the vice-president, and the cabinet. The president is the leader of the country and is the commander-in-chief of the U.S.military. The vice-president is second-in-command, and will act as president if the president dies, resigns, or is removed from office. The cabinet acts as agents of the U.S. President, and carry out the duties they are entrusted with. The legislative branch of government consists of the House of Representatives, and the Senate. Together they form the congress, which can levy and collect taxes, mint money, and establish federal courts. It can also declare war, and raise and support the army, navy, and air force to protect the country. The House of Representatives has 435 members, and the Senate consists of 100 senators, with two from each of the states. Any legislation, or new law, must be approved by both the House of Representatives and the Senate. The judicial branch is entrusted to apply the laws created by the legislative branch of government. It has the power to create lower courts under the Supreme Court of the United States. It works closely with state courts, although they are separate.

(Retrieved from www.rong-chang.com)

13. What is the main idea of the passage above?
A. United States of America
B. The government system of United States of America
C. Constitution of United States of America
D. Separation of Power in American Constitution
E. A system that ensure no branch have more power than others

14. According to the passage, why does this system is applied?
A. To ensure that the power of law is distributed fairly
B. To guarantee that there is no branch that overpower the other branch
C. To guarantee that the executive won’t overpower the other two branches
D. To separate the workload fairly into three major sections
E. To divide the government into three major section

15. What is the base of the separation of power in the United States government?
A. The Constitution of the United States of America 
B. Executive, legislative and judicial branches’ decision
C. The States’ Constitution
D. United States presidential election
E. The House of Representative and Senate Agreement

16. Which of these actions IS NOT the authority of the legislative branch?
A. Levy and collect taxes
B. Declare war to protect the country
C. Interpret and apply new law
D. Raise and support the soldiers
E. Establish federal courts

Text 2

Leaders of 195 nations have reached a historic climate agreement after two weeks of talks in Paris, France. For the first time countries around the world have agreed on measures to slow down climate change. Both rich and poor nations are to take action against global warming. However, what was agreed upon in Paris will not stop climate change altogether. These are the most important points of the agreement. Greenhouse gas emissions should be reduced by at least 50%. Rising temperatures should be limited to less than 2° Celsius (=3.6° Fahrenheit). Every five years, countries must be evaluated to see if they keep up their promises. Rich countries will give money to poorer nations (about 100 billion dollars a year) in order to help them cope with climate change. Without the new climate agreement global warming would spin out of control. Rising sea levels, increased flooding, droughts and food shortages would be the result. According to environmentalists, the Paris climate summit is only the first step down a rough road to save our planet. The last climate conference in Copenhagen failed because countries could not agree on how to combat global warming. Nations like India and China thought that a climate deal would put their economic growth in danger. Environment experts hope that the agreement will also send a message to energy companies to invest more in renewable energy instead of fossil fuels. The climate agreement comes at a time when both the United States and China, two main contributors of greenhouse gases, have taken action to reduce emissions. While not all of the agreement is binding, all countries have pledged to do as much as they can to stop global warming.

(Retrieved from www.english-online.at)

17. How long does it take to reach the agreement of Paris climate summit?
A. A week
B. Two weeks
C. A month
D. A year
E. 195 days

18. Which of these statements is the CORRECT important point of the agreement based on the passage?
A. Gas emission of greenhouse should be escalated by 50%
B. Each country should evaluate each other to see the improvement
C. Temperature rising should be limited to less than 3.6° Fahrenheit
D. Every country should help each other in funding the movement
E. Rich countries will give about 1000 billion dollars every year to poor countries in order to fasten economic growth

19. Why does the previous climate conference which held in Copenhagen failed?
A. Because all the countries agree that a climate deal would put their economic growth in danger
B. Because America and China disagree to reduce their greenhouse emission
C. Because countries agree that climate change must be combatted together
D. Because countries could not agree on how to fight global warming
E. Because China and India do not want to participate

20. The word “pledged” in the passage can be replaced by…
A. Oath
B. Promised
C. Initiated
D. Vows
E. Security

Jawaban dan Pembahasan
1. Jawaban : D. Proses terbentuknya busa laut super tebal dan banyak
Pembahasan : Paragraf ketiga lebih banyak menjelaskan proses terbentuknya busa laut super tebal dan banyak. Penyebabnya adalah badai besar dan mekar alga.

2. Jawabab : B. 6
Pembahasan : Pada kalimat 6 terapat kata yang tidak baku, yaitu kata berhembus. Kata berhembus lebih banyak digunakan oleh orang awam, padahal kata yang bakunya adalah berembus.

3. Jawaban : A. Ketika
Pembahasan : Bagian yang kosong pada kalimat 15 harus diisi oleh konjungsi waktu atau temporal. Badai yang mengocok ngocok lautan dan busa laut terjadi bersamaan. Maka, kata yang harus diisi adalah kata hubung waktu, yaitu ketika.

4. Jawaban : C. Negara mana saja yang pernah mengalami busa laut super tebal dan banyak?
Pembahasan : Kalimat 10 menjelaskan negara yang pernah mengalami busa laut super tebal dan banyak.

5. Jawaban : C. 5
Pembahasan : Kata yang menandakannya adalah kata supaya.

6. Jawaban : E. Air laut akan dijemur sehari dalam proses pengkristalan.
Pembahasan : Tidak sesuai dengan isi bacaan.

7. Jawaban : A. 13
Pembahasan : Terdapat pada kata mengristal. Kata yang benar adalah mengkristal. Kata dasarnya adalah kristal. Kata kristal tidak luluh saat diberi imbuhan mekarena kristal merupakan kluster.

8. Jawaban : D. Cair 
Pembahasan : Cair merupakan antonim dari kristal.

9. Jawaban : B. Kemendikbud sudah melaksanakan solusi untuk menurunkan angka buta aksara.
Pembahasan : Paragraf ketiga membahas macam - macam solusi yang sudah dilakukan Kemendikbud untuk menurunkan angka buta aksara di Indonesia.

10. Jawaban : C. Wilayah Papua
Pembahasan : Pada kalimat sebelumnya dijelaskan daerah yang tingkat buta aksaranya tinggi, yaitu daerah Papua.

11. Jawaban : E. Ia menyebutkan bahwa daerah yang tingkat buta aksaranya masih tinggi umumnya berada di wilayah timur Indonesia, seperti Papua yang masih di angka 22,8 persen.
Pembahasan : Di dalam kata KBBI tidak ada kata sebutkan. Pada kalimat 4 harus diberikan kata bahwa karena bahwa berfungsi untuk menjelaskan dan harus menggunakan tanda baca koma sebelum seperti.

12. Jawaban : D. Hanya provinsi Sulawesi Barat yang angka buta aksaranya masih tinggi.
Pembahasan : Pernyataan ini tidak sesuai dengan bacaan.

13. Jawaban : B. The government system of United States of America
karena dalam paragraf pertama dijelaskan mengenai pemerintahan Amerika Serikat yang memiliki sebuah sistem yang dinamakan “the separation of power”. Pernyataan ini spesifik dan didukung oleh penjelasan di paragraf-paragraf berikutnya.
Pembahasan : Pertanyaan tersebut mencari IDE UTAMA dari bacaan. Ide utama suatu bacaan biasanya terdapat di paragraf pertama. Bisa merupakan kalimat pertama, kalimat terakhir, ataupun kombinasi keduanya (tersirat). Ide utama biasanya berupa pernyataan spesifik yang didukung oleh kalimat - kalimat pertama di paragraf selanjutnya. Pilihan A salah karena bukan merupakan ide utama dari bacaan karena tidak spesifik. Pilihan C, D dan E salah karena bukan merupakan ide utama yang tepat dari bacaan.

14. Jawaban : B. To guarantee that there is no branch that overpower the other branch
karena menyatakan bahwa sistem ini diterapkan untuk memastikan bahwa tidak ada badan yang memiliki kekuatan lebih dari badan yang lainnya. Pernyataan ini sesuai dengan informasi dalam bacaan.
Pembahasan : Arti pertanyaan dalam soal : “Berdasarkan bacaan, mengapa sistem ini diterapkan?”
Hal ini dijelaskan dalam paragraf pertama, yaitu: “Sistem ini diberlakukan untuk memastikan bahwa tidak ada badan yang memiliki kekuasaan lebih dari yang lainnya.”
Pilihan A, C, D dan E salah karena tidak sesuai informasi dalam bacaan.

15. Jawaban : A. The Constitution of the United States of America 
karena pernyataan tersebut sesuai dengan informasi dalam bacaan yang menyatakan bahwa dasar pembagian kekuasaan di pemerintahan Amerika Serikat adalah Konstitusi Amerika Serikat.”
Pembahasan : Arti pertanyaan dalam soal, 
“Apa yang menjadi dasar dari pembagian kekuasaan di pemerintahan Amerika Serikat?” 
Hal ini dijelaskan dalam paragraf pertama, yaitu, 
“Pemerintahan berdasarkan Konstitusi Amerika Serikat yang diberlakukan di bulan Mei tahun 1789.” dan “Hal ini disebut sebagai pembagian kekuasaan, yang dituliskan dalam konstitusi.”
Pilihan B, C, D dan E salah karena tidak sesuai informasi dalam bacaan.

16. Jawaban : C. Interpret and apply new law
karena menginterpretasikan dan menerapkan hukum bukan merupakan kewenangan badan legislatif melainkan kewenangan badan yudikatif.
Pembahasan : “Mana dari tindakan-tindakan berikut yang BUKAN merupakan kewenangan dari badan legislatif?”
Hal ini dijelaskan dalam paragraf ketiga, yaitu:
“Kedua badan bersatu membentuk kongres, yang berwenang menarik dan mengumpulkan pajak, mencetak uang dan membangun pengadilan federal. Kongres juga dapat mendeklarasikan perang, serta meningkatkan dan mendukung angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara untuk melindungi negara…. Setiap legislasi atau hukum baru harus disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat. “ 
Pilihan A, B, D dan E salah karena merupakan kewenangan yang tepat untuk badan legislatif.

17. Jawaban : B. Two weeks
karena menyatakan informasi yang sesuai dengan bacaan yaitu kesepakatan terjadi setelah dua minggu perundingan.
Pembahasan : “Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kesepakatan dari konferensi tingkat tinggi iklim di Paris?”
Hal ini dijelasakan dalam paragaraf pertama, yaitu:
“Pemimpin dari 195 negara telah mencapai kesepakatan bersejarah tentang iklim setelah dua minggu perundingan di Paris, Prancis.”
Pilihan A, C, D dan E salah karena tidak sesuai dengan informasi dalam bacaan.

18. Jawaban : C. Temperature rising should be limited to less than 3.6° Fahrenheit
karena merupakan poin penting kesepakatan yang BENAR berdasarkan informasi dalam bacaan.
Pembahasan : “Mana dari pertanyaan berikut yang merupakan poin penting dari kesepakatan yang BENAR/TEPAT berdasarkan bacaan?”
Hal ini dijelaskan dalam paragraf kedua, yaitu:

Berikut adalah poin-poin penting dari kesepakatan.
  • Emisi gas rumah kaca harus dikurangi setidaknya 50%;
  • Kenaikan suhu udara harus dibatasi hingga kurang dari 2° celsius (=3.6° Fahrenheit)
  • Setiap lima tahun, negara-negara harus mengevaluasi untuk melihat apakah mereka menepati janjinya.
  • Negara kaya akan memberikan uang pada negara yang lebih miskin (sekitar 100 miliar dolar pertahun) dengan maksud untuk menolong mereka dalam mengatasi perubahan iklim.”
Pilihan A, B, D dan E salah karena BUKAN merupakan poin penting kesepakatan yang BENAR berdasarkan bacaan.

19. Jawaban : D. Because countries could not agree on how to fight global warming
karena menyatakan informasi yang sesuai dengan informasi dalam bacaan yaitu bahwa konferensi iklim di Copnhagen gagal karena negaranegara tidak mencapai kesepakatan tentang bagaimana cara untuk memerangi pemanasan global.
Pembahasan : “Mengapa konferensi iklim sebelumnya yang digelar di Copenhagen gagal?”
Hal ini dibahas dalam paragraf keempat, yaitu:
“Konferensi iklim terakhir di Copenhagen tidak berhasil karena negara-negara tidak mencapai kesepakatan mengenai bagaimana cara untuk memerangi pemanasan global.”
Pilihan A, B, C dan E salah karena menyatakan pernyataan yang tidak sesuai dengan informasi dalam bacaan.

20. Jawaban : B. Promised
karena “promised” merupakan verb yang memiliki arti yang sama dengan verb “pledged” yaitu berjanji. Verb ini dapat menggantikan kata “pledged” dalam kalimat.
Pembahasan : Pertanyaan tersebut mencari sinonim atau kata yang bisa menggantikan kata “pledged” dalam bacaan pada kalimat berikut:
“While not all of the agreement is binding, all countries have pledged to do as much as they can to stop global warming.”
Artinya:
“Meskipun tidak semua perjanjian mengikat, semua negara telah berjanji untuk melakukan sebanyak mungkin yang mereka bisa untuk menghentikan pemanasan global.”
Kata “pledged” dalam kalimat tersebut merupakan verb. Maka perlu dicari sinonim yang juga merupakan verb.
  • Oath (noun) = Sumpah
  • Promised (Verb) = Berjanji
  • Initiated (Verb) = Mengawali
  • Vows (Noun) = Janji
  • Security (Noun) = Keamanan
Pilihan A, D, dan E salah karena merupakan noun yang tidak bisa menggantikan verb “pledged” dalam kalimat. Pilihan C salah karena bukan merupakan sinonim (memiliki arti yang berbeda) dari verb “pledeged”.
Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet