Contoh Soal Latihan SMA/SMK Bahasa Indonesia dan Kunci Jawaban #2

Latihan soal Bahasa Indonesia
Contoh Soal Latihan SMA/SMK Bahasa Indonesia dan Kunci Jawaban #2

Soal

1. Cermati paragraf berikut dengan saksama!
Dilihat dari penampilannya, bunga rosela termasuk kategori tanaman hias. Warnanya merah segar bak warna buah mahkota dewa yang sudah matang. Bentuknya saja yang berbeda. Jika bunga mahkota dewa berbentuk bulat dan keras maka bunga rosela dapat mekar seperti bunga cempaka. Ranting bunga rosela ini panjang – panjang sama dengan ranting pohon kopi. Hampir di sepanjang rantingnya berisi bunga berjajar. Sungguh taman kita akan lebih indah bila dihiasi dengan bunga rosela.
Penggunaan kata yang tidak sesuai dalam paragraf di atas adalah ....
A. kategori     B.  sama dengan     C.  sungguh     D.  bak     E. dengan

2Bacalah teks berikut ini!
(1) Peristiwa Rengas Dengklok itu terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945. (2) Dengan peristiwa tersebut, para pemuda berhasil mendesak dan meyakinkan Bung Karno dengan  Bung Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada keesokan harinya, tanggal 17 Agustus 1945. (3) Proklamasi kemerdekaan RI disambut dengan bahagia oleh segenap rakyat Indonesia.  (4) Dengan peristiwa yang mengharukan itu, seluruh rakyat Indonesia telah menjadi negara merdeka. (5) Seluruh rakyat di pelosok tanah air telah menjadi bangsa yang bebas dari cengkraman penjajah.
Kesalahan konjungsi pada teks di atas terletak pada kalimat adalah ....
A. (1)     B. (2)     C. (3)     D. (4)     E. (5)

3. Cermati wacana berikut!
(1)Gagasan Gubernur DKI untuk memberikan sangsi tegas kepada PNS yang merokok di lingkungan kantor saya kira harus diacungi jempol. (2) Gagasan itu  sangat efektif  untuk menegakkan disiplin para pegawai. (3)  Pegawai yang melanggar harus ditindak dengan tegas sesuai peraturan. (4)  Jika ada pegawai yang melanggar tidak ditindak,  pegawai yang melanggar peraturan akan bertambah.  (5) Peagawai yang sering terlambat harus diberi  hukuman yang sesuai dengan tingkat kesalahan.
Kalimat sumbang pada wacana di atas  terletak pada nomor adalah ….
A. 5     B. 4     C. 3     D. 2     E. 1

4. Cermati kalimat berikut!
Adi seorang siswa  menjadi kuli tinta di majalah “Remaja”.
Makna ungkapan kuli tinta dalam kalimat di atas adalah ....
A. Pandai     B.  pintar     C.  pendiam     D.  wartawan     E.  notulis

5. Cermati paragraf  berikut !
(1) Kehidupan manusia tergantung  pada semangat yang dimilikinya . (2)Tidak hanya itu saja yang ada pada manusia, berharap kepada Tuhan  bagian utama di dalam diri manusia. (3)Manusia tidak luput dari perlindungan dan kasih sayang-Nya. (4)Kemana manusia mencari hati  yang tenang selain berkomunikasi kepada Tuhan semata.(5) Tuhan diatas segalanya.
Kesalahan penulisan kata depan pada paragraf di atas terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)     B. (2)     C. (3)     D. (4)     E. (5)

Jawaban

1. B. kategori
2. C. (3)
3. A. 5
4. D. wartawan
5. E. (5)


Freelancer

Posting Komentar

© Izenet. All rights reserved. Premium By Izenet